Kabar Baik, Vaksin Covid-19 Buatan Indonesia Diharapkan Selesai pada Pertengahan 2021

- 8 Juli 2020, 11:27 WIB
Tim Komunikasi Publik, Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Dokter Reisa Broto Asmoro. /covid19.go.id/

PR DEPOK - Berbagai negara terus mengebut pekerjaan pembuatan vaksin covid-19 guna meminimalisir penyebaran virus corona. Saat ini, Inggris, Amerika Serikat, dan Tiongkok menjadi yang terdepan dalam pengerjaan vaksin tersebut.

Tidak ingin kalah, Vaksin Covid-19 buatan anak bangsa pun kini sedang dalam masa penelitian.

Hal itu diungkapkan oleh anggota Tim Komunikasi Publik Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 (GTPPPC-19), dr. Reisa Broto Asmoro pada Selasa, 7 Juli 2020 yang dikutip dari RRI oleh Pikiranrakyat-depok.com.

Baca Juga: Dibayangi Kekhawatiran Lonjakan Kasus Virus Corona, IHSG dan Nilai Tukar Rupiah Masih Menguat 

Reisa Broto Asmoro menyebut bahwa jika prosesnya berjalan lancar sekiranya vaksin lokal yang diharapkan oleh banyak pihak ini akan diproduksi pada pertengahan tahun 2021.

loading...

“Ketua konsorsium Riset dan Inovasi Covid-19, Kementerian Riset Dan Teknologi, Prof Ali Gufron Mukti memprediksi vaksin lokal akan diproduksi massal dan akan tersedia bagi masyarakat Indonesia tahun 2021,” ujar dr. Reisa.

Menurutnya, sejauh ini vaksin lokal buatan anak bangsa telah menyelesaikan 8 dari 15 tahapan yang harus dilalui, artinya separuh dari proses menuju produksi massal telah dilewati.

“Kita patut optimis bahwa Indonesia dapat menghasilkan vaksin Covid-19 sendiri dalam waktu secepatnya. Dari 15 tahapan yang harus dipenuhi, calon vaksin asal Indonesia telah berhasil melalui 8 tahapan dan akan menuju ke-7 langkah berikutnya, di mana proses yang berikut ini membutuhkan waktu yang lebih lama,” jelas Reisa.

Baca Juga: Kisruh Pascapengesahan UU, Tiongkok Ubah Hotel Hong Kong Jadi Kantor Baru Kemanan Nasional 

Halaman:

Editor: M Bayu Pratama

Sumber: RRI


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

Pikiran Rakyat Media Network

X