Cukup Membawa Sampah Plastik, Siswa di Bogor Sudah Bisa Nikmati Wifi Gratis Setiap Kali Gelar PJJ

- 17 September 2020, 14:25 WIB
Ilustrasi siswa yang menggelar PJJ menggunakan wifi gratis.
Ilustrasi siswa yang menggelar PJJ menggunakan wifi gratis. /Portal Surabaya /

PR DEPOK - Pandemi Covid-19 telah memaksa sekolah-sekolah di Indonesia ditutup dan meniadakan pembelajaran tatap muka.

Kebijakan tersebut sesuai dengan peraturan yang dikeluarkan pemerintah untuk menyelenggarakan pembelajaran jarak jauh atau PJJ.

Namun faktanya, tidak semua keluarga di Indonesia memiliki akses internet atau bahkan perangkat seperti ponsel untuk dapat mengikuti PJJ.

Berawal dari kondisi ini, Iing Solihin menggagas pembuatan “Mobile Wifi” untuk menyediakan wifi gratis bagi para pelajar yang harus melaksanakan PJJ, seperti dikutip Pikiranrakyat-depok.com dari Reuters.

Baca Juga: Meski Kaya Manfaat, Essential Oil Disebut Bisa Picu Penyakit Asma? Simak Penjelasan Berikut

Mobile Wifi yang berlokasi di Bogor tersebut tidak memungut biaya kepada para siswa, tetapi mereka yang ingin menggunakan wifi di sana harus membawa sampah plastik.

Seperti yang dilakukan oleh Dimas Anwar Putra, siswa berusia 15 tahun yang harus mengumpulkan sampah plastik dengan imbalan akses wifi gratis.

Ia dan satu orang temannya mengaku tidak memiliki akses wifi di rumahnya sehingga mau tidak mau mengumpulkan sampah seberat 1 kilogram untuk ditukar dengan akses wifi.

Dengan 1 kilogram sampah ini kedua siswa ini dapat melaksanakan pembelajaran online dengan durasi tiga jam selama tiga kali seminggu.

Halaman:

Editor: Ahlaqul Karima Yawan

Sumber: Reuters


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

Pikiran Rakyat Media Network

X