Kemenperin Dorong Pengembangan Obat Tradisional Jadi Obat Modern Asli Indonesia

- 14 Oktober 2020, 16:40 WIB
Menteri Perindustrian Agus Gumiwang (tengah) meninjau laboratorium di Balai Besar Kimia dan Kemasan (BBKK) Jakarta pada Selasa 13 Oktober 2020.*
Menteri Perindustrian Agus Gumiwang (tengah) meninjau laboratorium di Balai Besar Kimia dan Kemasan (BBKK) Jakarta pada Selasa 13 Oktober 2020.* /Dok. Kementerian Perindustrian./

PR DEPOK – Kementerian Perindustrian (Kemenperin) tengah mendorong pengembangan obat tradisional menjadi obat modern asli Indonesia (OMAI).

Adapun OMAI yang dimaksudkan berupa Obat Herbal Terstandar (OHT) dan Fitofarmaka.

Hal itu disampaikan oleh Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Industri (BPPI) Kemenperin, Doddy Rahadi.

Baca Juga: Massa Ramai Serukan Mosi Tidak Percaya, TB Hasanuddin: Lengserkan Jokowi Hanya Mimpi di Siang Bolong

Untuk mencapai sasaran tersebut, menurutnya, sejumlah satuan kerja di bawah BPPI dipacu untuk meningkatkan kegiatan litbang agar dapat menghasilkan inovasi yang dibutuhkan.

“Contohnya adalah Balai Besar Kimia dan Kemasan (BBKK) Jakarta yang memiliki kompetensi dan pengalaman di bidang tersebut, termasuk untuk mengembangkan fasilitas produksi guna mendorong pertumbuhan industri OMAI,” kata Doddy, seperti dikutip Pikiranrakyat-Depok.com dari laman resmi Kemenperin.

Saat ini, BBKK Jakarta tengah merancang pembangunan fasilitas House of Wellness yang nantinya dilengkapi dengan mini plant bersertifikasi.

Doddy merinci, pada tahun 2021 direncanakan pembangunan prasarana gedung dan penunjangnya dengan mengikuti standar Cara Pembuatan Obat Tradisional yang Baik (CPOTB).

Baca Juga: Usai 13 Tahun Menghilang, Gambar Bunda Maria Muncul Kembali Secara Misterius di Tempat Parkir

Halaman:

Editor: Ramadhan Dwi Waluya

Sumber: Kemenperin


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

Pikiran Rakyat Media Network

X