Biodata Jose Mourinho, Awal Karir, Prestasi dan Fakta Menariknya

28 Februari 2023, 14:08 WIB
Jose Mourinho bakal membelikan sepatu baru untuk pemain muda Roma, Felix Afena-Gyan usai bantu kalahkan Genoa di Liga Italia. /REUTERS.


PR DEPOK
- Jose Mourinho ditunjuk sebagai pelatih klub Serie A Italia, AS Roma pada musim 2021-2022.

Penunjukkan tersebut membuatnya kembali di Serie A Italia sejak terakhir kali mengasuh Inter Milan pada tahun 2008-2010.

Saat bersama skuad I Nerazzurri (julukan Inter Milan), Jose Mourinho telah menorehkan sejumlah prestasi seperti juara Coppa Italia, Super Coppa Italia, Serie A dan Liga Champions Eropa.

Hingga saat ini, Jose Mourinho telah beberapa kali melatih klub-klub papan atas Eropa dengan mencetak berbagai prestasi didalamnya. Lebih lengkapnya simak profilnya berikut ini.

Jose Mario dos Santos Mourinho Felix atau yang lebih dikenal nama Jose Mourinho lahir di Setubal, Portugal pada 26 Januari 1963, saat ini berusia 53 tahun.

Jose Mourinho merupakan seorang pelatih sepak bola berkewarganegaraan Portugal yang menjadi salah satu pelatih sepak bola terbaik sepanjang sejarah sepak bola.

Ia bersama klub yang diasuhnya memiliki segudang prestasi yang patut untuk apresiasi.

Baca Juga: PKH Tahap 1 Cair Maret 2023, Cek Penerima dan Dapatkan Dana Rp900.000 Hingga Rp3 Juta

Jose Mourinho pernah mengenyam pendidikan di Universitas Teknik Lisbon dengan meraih gelar sarjana bidang ilmu olahraga dengan tesis metodologi persepak bolaan.

Ia kemudian menjadi pelatih dalam tim junior dan sebagai penerjemah Bobby Robson. Jose Mourinho kemudian menjadi asisten pelatih saat mengikuti Bobby Robson ke Porto dan Barcelona. Pada tahun 1996-2000, Jose Mourinho menjadi asisten manajer Barcelona.

Editor: Tim PRMN

Terkini

Terpopuler