Digelar secara Daring pada 24 Mei-2 Juni Mendatang, UM-PTKIN 2021 Manfaatkan Sistem Seleksi Berbasis Android

- 5 Mei 2021, 21:30 WIB
Ilustrasi ujian.
Ilustrasi ujian. /Nguyen Dang Hoang Nhu/Unsplash

PR DEPOK - Kementerian Agama kembali membuka pendaftaran Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM-PTKIN) terhitung sejak 1 April hingga 9 Mei 2021 melalui situs um-ptkin.ac.id.

UM-PTKIN diselenggarakan secara serentak oleh panitia pelaksana yang ditetapkan Menteri Agama.

UM-PTKIN merupakan jalur seleksi nasional yang melibatkan seluruh Universitas Islam Negeri (UIN), Institut Agama Islam Negeri (IAIN), dan Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) dalam sistem terpadu.

Baca Juga: Sebut BPUM Sudah Disalurkan kepada 8,6 Juta Pelaku UMKM, Teten: Penyaluran sudah terealisir 88,11 persen

Ketua SPAN UM-PTKIN, Mahmud, menyebut bahwa pelaksanaan tes UM-PTKIN 2021 akan digerlar menggunakan Sistem Seleksi Elektronik (SSE) berbasis Android sebagaimana dikutip Pikiranrakyat-depok.com dari Kementerian Agama.

"Ujian tulis dengan Sistem Seleksi Elektronik (SSE) secara daring akan dilaksanakan 24 Mei hingga 2 Juni 2021. Tahun ini, terdapat ujian baca tulis Alquran yang juga telah masuk dalam Sistem Seleksi Elektronik (SSE)," ujar Mahmud yang juga menjabat sebagai Rektor UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Ujian baca tulis Alquran berbasis aplikasi tersebut dirancang mudah digunakan para peserta. Metode tersebut juga menjadi bagian dari misi moderasi bagi para calon mahasiswa baru.

Baca Juga: Pengemudi Mobil Kekaisaran Sunda Diperiksa Subdit Kamneg Polda Metro Jaya

"Aplikasi yang digunakan dapat di-download di Playstore. Apalikasi ini sangat mudah. Selain user friendly, aplikasi tersebut juga mampu mendeteksi kecurangan peserta dengan kamera peserta yang mode-on sehingga dapat dipantau oleh pengawas,” tutur Mahmud.

Halaman:

Editor: Ahlaqul Karima Yawan

Sumber: Kementerian Agama


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

Pikiran Rakyat Media Network

X