Kemendikbud Luncurkan Beasiswa IISMA, 73 Perguruan Tinggi Nasional Berkolaborasi dengan 31 Kampus Mancanegara

- 11 Mei 2021, 21:59 WIB
Ilustrasi beasiwa.
Ilustrasi beasiwa. /PEXEL

PR DEPOK - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) merilis beasiswa Indonesian International Student Mobility Awards/IISMA (mobilitas mahasiswa internasional).

“Melalui IISMA, mahasiswa Indonesia dapat mewujudkan mimpi dengan mengikuti mata kuliah di perguruan tinggi terkemuka, mengembangkan kemahiran lintas budaya, memperkuat jejaring global, dan mempersiapkan diri dengan dunia kerja saat ini,” kata Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Anwar Makarim dikutip Pikiranrakyat-Depok.com dari Antara pada Selasa, 11 Mei 2021.

Sebanyak 73 perguruan tinggi domestik bekerja sama dengan 31 peguruan tinggi mancanegara.

Baca Juga: Soal Polemik Kewajiban Salat Id di Zona Merah, PBNU Beri Penjelasan Berikut

“Sebagaimana bapak ibu ketahui, saya mendapatkan pengalaman mahasiswa internasional di Singapura, Amerika Serikat, dan Inggris. Saya mengejar mimpi di tiga lingkungan yang berbeda yang membentuk intelektual dan karakter saya,” tuturnya.

Nadiem berpendapat selama ini para mahasiswa hanya mengasah ketajaman berpikir di perguruan tinggi. Padahal, mereka juga membutuhkan pengembangan kemampuan di dunia kerja.

Dengan demikian, para mahasiswa kebingungan dan kesulitan menghadapi dinamika dunia kerja.

Baca Juga: H-3 Menjelang Lebaran Idulfitri, Jasa Marga Laporkan 381.851 Kendaraan Tinggalkan Jabodetabek

“Kami ingin kondisi itu berubah dengan melakukan transformasi agar perguruan tinggi lebih relevan dengan dunia di luar kampus. Mahasiswa mendapatkan keleluasaan dengan praktik terbaik, industri organisasi kemanusiaan, industri, melalui program Kampus Merdeka,” ucapnya.

Halaman:

Editor: Ahlaqul Karima Yawan

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

Pikiran Rakyat Media Network

X