Luncurkan Beasiswa bagi Pendidikan Vokasi, Kemendikbudristek dan LPDP Akan Gunakan Dana Abadi

- 12 Mei 2021, 15:01 WIB
Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi Kemendikbud Wikan Sakarinto (berdiri).
Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi Kemendikbud Wikan Sakarinto (berdiri). /Dok. kemdikbud.go.id/

PR DEPOK - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) merilis sembilan skema pembiayaan untuk program gelar dan nongelar bagi sumber daya manusia (SDM) pendidikan vokasi.

Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi (Ditjen Diksi) Kemendikbudristek, Wikan Sakarinto mengatakan bahwa peluncuran itu dilakukan sebagai upaya mendukung peningkatan mutu pendidikan.

“Berbagai skema pembiayaan studi yang diluncurkan merupakan perwujudan dari Merdeka Belajar yang selama ini digaungkan sebagai strategi meningkatkan mutu pendidikan, baik akademik maupun vokasi dan profesi,” kata Wikan Sakarinto sebagaimana dikutip Pikiranrakyat-Depok.com dari Antara pada Selasa, 11 Mei 2021.

Baca Juga: Berharap 75 Pegawai KPK Tidak Dipecat dengan Alasan Tak Lolos TWK, DPR Sarankan Beralih ke Status Ini

Pendidikan vokasi atau Diksi, menurut Wikan, membutuhkan SDM yang unggul dan kompeten untuk kebutuhan dunia usaha dan dunia industri (DUDI). Selain itu guna menunjang pembangunan bangsa pada maFsa depan.

Lebih lanjut, Wikan berharap kesiapan seluruh civitas akademika dapat memanfaatkan program tersebut.

“Program ini menawarkan kemerdekaan, keluwesan, dan fleksibilitas, tetapi substansinya tepat. Namun, tantangannya pun tidak mudah karena relevansi serta kualitas menjadi pertaruhan dari ini semua, sehingga kesiapan seluruh civitas akademika untuk memanfaatkan program ini sangat kami harapkan,” ujarnya.

Diketahui, pembiayaan itu bersumber dari dana abadi pendidikan yang dikelola oleh Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP).

Baca Juga: Kumpulan Ucapan Selamat Idul Fitri 1442 Hijriah, Cocok untuk Berbalas Pesan dan Menyampaikan Permohonan Maaf

Halaman:

Editor: Yunita Amelia Rahma

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

Pikiran Rakyat Media Network

X