Cegah Meluasnya Pandemi Corona, Peneliti Lab Sentral Unpad Luncurkan Hand Sanitizer dengan Formula Khusus yang Dinilai Efektif Bunuh Virus hingga Jamur

- 18 Maret 2020, 14:16 WIB
Prof. Unang Supratman, M.Si dan dr. Ronny Lesmana, M.Kes, AIFO, PhD peneliti Lab Sentral Unpad yang luncurkan hand sanitizer dengan formula disinfektan www.unpad.ac.id

PIKIRAN RAKYAT – Peneliti yang bekerja di Laboratorium Sentral Universitas Padjadjaran (Unpad) meluncurkan produk alternatif hand sanitizer yang memiliki kandungan formula potensial.

Hand sanitizer ini diklaim dapat lebih ampuh bekerja membunuh virus, bakteri dan jamur yang dapat memicu tumbuhnya penyakit.

Dikutip Pikiranrakyat-depok.com dari situs resmi Universitas Padjadjaran, produk hand sanitizer dikembangkan oleh Prof. Unang Supratman, M.Si dan dr. Ronny Lesmana, M.Kes, AIFO, PhD.

Baca Juga: PWI Beri Sejumlah Imbauan Kepada Para Wartawan Ditengah Kondisi Indonesia Menghadapi Virus Corona

Dari segi formulanya hand sanitizer tersebut mengandung 70 persen alkohol, air, hidrogen peroksida, gliserol, minyak esensial serta disinfektan khusus yang biasa digunakan oleh para peneliti saat berada di Laboratorium Bio Safety Level 3.

“Disinfektan ini aman untuk dipakai sebagai sanitizer sehingga kami formulasikan di produk hand sanitizer ini,” tutur Ronny.

Ronny menjelaskan ide pengembangan produk hand sanitizer bermula saat terjadinya fenomena ketersediaan cairan anti bakteri itu yang minim di sejumlah minimarket akibat tingginya jumlah permintaan setelah kabar merebaknya endemi virus corona di Indonesia beberapa waktu lalu.

Baca Juga: Cek Fakta: Warga Bali Dikabarkan Tak Mau Tolong Pria Pingsan karena Diduga Terinfeksi Virus Corona, Simak Faktanya

Padahal Unpad tentunya membutuhkan hand sanitizer yang harus tersedia pada sejumlah lokasi di lingkungan kampus guna menunjang berbagai aktivitas pembelajaran dan penelitian.

Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, peneliti yang beroperasi di Laboratorium Sentral mengembangkan produk hand sanitizer tersebut dan mendapat dukungan dari sektor industri.

Halaman:

Editor: Billy Mulya Putra

Sumber: Unpad.ac.id


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

Pikiran Rakyat Media Network

X