Pengumuman SBMPTN 2020, Unpad Imbau Waspadai Modus Penipuan Berkedok Penerimaan Mahasiswa Baru

- 14 Agustus 2020, 17:18 WIB
Mahasiswa saat berjalan di depan Gedung Rektorat Unpad di Jatinangor. /ADE MAMAD/"PR"/

PR DEPOK - Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2020 telah diumumkan pada Jumat, 14 Agustus 2020 pukul 15.00 WIB. Namun, pihak rektorat Universitas Padjadjaran (Unpad) mengimbau calon mahasiswa untuk mewaspadai berbagai bentuk penipuan terkait registrasi mahasiswa baru.

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Unpad Prof. Arief Sjamsulaksan Kartasasmita menegaskan, registrasi mahasiswa baru dari jalur SBMPTN 2020 dilakukan secara daring.

Ini dilakukan mengingat proses registrasi dilaksanakan di masa Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) akibat pandemi Covid-19. Proses registrasi daring dilakukan di laman resmi milik Unpad.

Baca Juga: JPO Ikonik 'Selamat Datang' Diresmikan, Konsep Tradisional Diusung Bisa Jadi Spot Swafoto Baru 

“Jadi tidak ada pihak-pihak yang ditunjuk Unpad untuk mengurus registrasi secara offline. Jadi kalau ada yang menawarkan bantuan untuk registrasi di luar laman resmi Unpad, itu sudah pasti bohong," katanya seperti dikutip Pikiranrakyat-depok.com dari situs resmi Universitas Padjadjaran.

Ada banyak modus penipuan yang kerap mengemuka seputar registrasi. Mulai dari mentransfer sejumlah uang hingga pembukaan jalur penerimaan lain di luar jalur penerimaan resmi Unpad, yaitu SNMPTN, SBMPTN, dan Jalur Mandiri.

Prof. Arief mencontohkan, salah satu modus adalah menggunakan surat kelulusan palsu untuk bisa mendaftar secara daring.

Hal ini tidak mungkin bisa dilakukan, mengingat setiap surat memiliki barcode khusus yang langsung terkoneksi ke laman LTMPT.

Baca Juga: Sidang Tahunan MPR Digelar Hari Ini, Berikut Susunan Acara dan Rekayasa Lalu Lintas Selama Acara 

Halaman:

Editor: M Bayu Pratama

Sumber: Unpad.ac.id


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

Pikiran Rakyat Media Network

X