Lakukan Hal Ini Saat Menggunakan Media Sosial untuk Menjadi Warganet yang Baik

- 21 September 2021, 12:31 WIB
Ilustrasi media sosial/
Ilustrasi media sosial/ /Geralt///Pixabay.com

PR DEPOK - Pesatnya perkembangan dunia digital berdampak luas bagi masyarakat di Indonesia, dewasa ini hampir semua bidang kehidupan bersinggungan dengan media digital.

Pandemi Covid-19 memberikan dorongan pada hampir seluruh lapisan masyarakat untuk kian cakap digital, seperti diketahui, digitalisasi membuat segalanya kian mudah.

Anda dengan mudah terhubung dengan individu lain yang berada jauh dari tempat tinggal Anda, begitu pun dengan pesatnya informasi dari seluruh penjuru dunia bisa dengan mudah didapatkan.

Baca Juga: Giring PSI Harap Anies Baswedan Tak Jadi Presiden di 2024: Jangan Sampai Indonesia Jatuh ke Tangan Pembohong

Namun ada yang patut menjadi perhatian dan dipahami ketika Anda menjadi seorang warganet, mulai dari etika hingga sikap dalam menggunakan media digital.

Dengan mudahnya mendapat dan menyebarkan informasi di dinia digital, kadang membuat seseorang lalai akan sejumlah hal penting yang harus dilakukan.

Utamanya di media sosial, mulai dari berita hoaks, bullying, hingga secara tidak sadar malah membocorkan data pribadi Anda yang bisa dimanfaatkan pihak-pihak lain yang tidak bertanggung jawab.

Oleh karenanya, saat bermain di media sosial, warganet mesti memahami bagaimana cara memanfaatkan teknologi tersebut dengan baik dan benar tanpa ada pihak lain atau diri sendiri yang malah dirugikan.

Berikut ini adalah sejumlah tips dan kiat-kiat untuk Anda menjadi warganet yang cerdas kala berselancar di media sosial.

Halaman:

Editor: Adithya Nurcahyo

Sumber: Pikiran Rakyat


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

Pikiran Rakyat Media Network

X