Karantina Akibat Virus Corona Picu Ledakan Unduhan Game dan Aplikasi di Tiongkok

- 22 Februari 2020, 08:09 WIB
UNDUHAN gim dan aplikasi di Tiongkok meningkat pesat ketika masa karantina belum selesai.*

PIKIRAN RAKYAT - Wabah virus corona di Tiongkok memicu rekor unduhan gim dan aplikasi oleh jutaan orang yang dikarantina.

Virus corona sangat berbahaya dan mudah menular. Pemerintah di Tiongkok bahkan sampai menyarankan untuk tetap tinggal di rumah, mengurangi kontak dengan orang lain, dan tetap menjaga kebersihan.

Akibatnya orang-orang di Tiongkok harus diam dalam waktu yang cukup lama di dalam rumah. Tidak banyak melakukan aktivitas hingga membuat bosan.

Namun di balik itu, kabar baik bagi perusahaan teknologi dan gim di Tiongkok. Data menunjukkan rekor unduhan gim dan aplikasi di sana sangat melonjak ketika masa karatina.

Baca Juga: Ingin Kurangi Sampah Plastik, Pemkot Depok Bagikan 1.000 Tumbler Gratis 

Dikutip Pikiranrakyat-depok.com dari situs Sky News pada Jumat, 21 Februari 2020 melaporkan bahwa angka yang dirilis oleh platform analitik App Annie menunjukkan ada lebih dari 222 juta unduhan di Tiongkok dari Apps Store pada minggu yang dimulai sejak 2 Februari 2020.

Di tengah krisis yang melonjak, unduhan aplikasi mingguan rata-rata dalam dua minggu pertama bulan Februari melonjak sebesar 40 persen dibandingkan dengan rata-rata pada tahun 2019, menurut data yang disampaikan oleh Financial Times.

App Annie mengatakan kepada surat kabar itu, "Unduhan terus meningkat dengan baik dari minggu ke minggu setelah liburan tahun baru di awal bulan, ketika jutaan pekerja dan pelajar menggunakan aplikasi seluler untuk mengisi aktivitasnya sehari-hari," katanya.

Banyak sekolah yang ditutup sementara di Tiongkok dalam upaya untuk mengekang infeksi, unduhan aplikasi pendidikan pada bulan Februari melonjak hingga dua kali lipat dibanding tahun 2019.

Halaman:

Editor: M Bayu Pratama

Sumber: Sky News


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

Pikiran Rakyat Media Network

X