Pemerintah Rencakan Pasang Aplikasi Pelacak Penyebaran Virus Corona

- 26 Maret 2020, 17:05 WIB
ILUSRASI pelacakan penyebaran virus corona.* /PIXABAY/

PIKIRAN RAKYAT - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) akan menggunakan aplikasi untuk mendukung Surveilans Kesehatan terkait pandemi virus corona di Indonesia.

Dukungan tersebut dituangkan dalam keputusan menteri Kominfo Nomor 159 Tahun 2020 tentang Upaya Penanganan Covid-19 melalui Dukungan Sektor Pos dan Informatika.

Menteri Kominfo Johnny G Plate bersama Operator Telekomunikasi akan mengembangkan aplikasi TRACETOGETHER.

Aplikasi tersebut nantinya akan terpasang pada smartphone dari pasien positif Covid-19 untuk memberikan penanganan darurat apabila diperlukan oleh Pasien Positif Covid-19 dan dapat melakukan tracing, tracking, dan fencing.

Baca Juga: Rumah Sakit Darurat Wisma Atlet Rawat 208 Orang Positif Virus Corona 

Manfaat lainnya dapat memberikan peringatan kepada pasien tersebut jika melewati lokasi isolasinya.

"Penyelenggaraan Surveilans terkait COVID-19 meliputi pengumpulan data, pengolahan data, analisis data, dan diseminasi sebagai suatu kesatuan yang tidak terpisahkan.

"Hal ini dilakukan untuk menghasilkan informasi yang objektif, terukur, dapat diperbandingkan antarwaktu, antarwilayah, dan antarkelompok masyarakat sebagai bahan pengambilan keputusan," kata Menteri Kominfo Johnny G Plate, dalam edaran yang diterbitkan melalui situs resmi Kominfo.

Fitur tracking akan menggunakan sistem yang dapat melihat "log" pergerakan pasien positif COVID-19 selama 14 hari ke belakang.

Halaman:

Editor: M Bayu Pratama

Sumber: Antara, Kominfo


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

Pikiran Rakyat Media Network

X