Target Kemenkominfo: Pasok Jaringan 4G ke 12.000 Desa di Indonesia dalam Dua Tahun

- 25 Agustus 2020, 14:32 WIB
Ilustrasi jaringan internet.* /PIXABAY//PIXABAY

PR DEPOK – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) targetkan dua tahun ke depan akan memasok jaringan 4G hingga ke lebih 12.000 desa di seluruh Indonesia.

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Direktur Jenderal Aplikasi Informasi Kemkominfo, Samuel Pangerapan dalam kesempatan acara PANDI Meeting 11, Selasa 25 Agustus 2020.

Dikutip Pikiranrakyat-Depok.com dari Antara, Samuel Pangerapan mengatakan tujuan dilakukannya hal itu lantaran pihaknya ingin mendorong transformasi yang merata di seluruh Indonesia. 

Baca Juga: Gelar Pembinaan Jelang Lomba MTQ, Kemenag Targetkan Kontingen Depok Juara, Lolos ke Tingkat Nasional

"Transformasi digital tidak bisa tanpa infrastruktur, itu hal yang paling mendasar,” kata Samuel Pangerapan. 

Lebih lanjut ia menambahkan, pihaknya sangat mengharapkan bahwa semua desa di seluruh Indonesia sudah dapat menikmati jaringan 4G pada tahun 2022 mendatang.

Sementara itu, hingga saat ini catatan kementerian menunjukkan terdapat 12.548 desa atau kelurahan di Indonesia yang belum terjangkau jaringan 4G. Sebanyak 9.113 lokasi berada di daerah terdepan, tertinggal, dan terluar (3T).

Desa-desa tersebut hanya baru bisa dijangkau oleh sinyal 2G, sehingga masyarakat hanya bisa mendapatkan layanan seluler berupa telepon dan SMS.

Baca Juga: Masjid Bersejarah di Afrika Selatan Terbakar, Hanguskan Tiga Bangunan Lain Didekatnya

Halaman:

Editor: Ramadhan Dwi Waluya

Sumber: ANTARA


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

Pikiran Rakyat Media Network

X