Siapkan KTP! Login cekbansos.kemensos.go.id, Pastikan Nama Penerima Bansos yang Cair Maret 2023

- 27 Februari 2023, 13:38 WIB
Ilustrasi bansos
Ilustrasi bansos /Novi H/ANTARA/ANTARA/Novi H

PR DEPOK - Pada Maret 2023, beberapa bansos dipastikan akan kembali cair, seperti PKH tahap 1 dan BPNT.

PKH tahap 1 yang cair Maret 2023 merupakan pencairan untuk periode Januari-Maret. Sementara BPNT yang cair Maret 2023, merupakan rapelan dari tiga bulan sehingga dana yang akan dicairkan Rp600.000

BPNT akan mendapatkan Rp2,4 juta dalam setahun dalam bentuk sembako atau Rp200.000 per bulan. Sementara PKH tahap 1 akan mendapatkan Rp900.000 - Rp3 juta per tahun dalam bentuk uang tunai. .

Baca Juga: Horoskop Gemini Hari Ini Senin, 27 Februari 2023: Kesehatan Anda Perbaiki Mulai Sekarang

Untuk memastikan nama penerima bansos di cekbansos.kemensos.go.id, penerima wajib membawa KTP mengisi alamat lengkap seperti provinsi, kecamatan, kelurahan dan lain sebagainya.

Dalam penyaluran bansos BPNT dan PKH tahap 1, pemerintah memberikan beberapa kriteria yang berhak mendapatkan bantuan sosial tersebut.

Masyarakat yang akan mendapatkan bantuan bansos BPNT dan PKH tahap 1, ialah yang berasal dari keluarga miskin dan bukan berasal dari keluarga ASN, Polri, TNI, dan PNS.

Baca Juga: Cara Menghangatkan Pizza agar Tidak Merusak Cita Rasa Asli, Catat Jangan Pakai Alat ini

Lalu, masyarakat yang belum pernah mendapatkan bantuan UMKM, BLT dan sebagainya, dan tentunya berasal dari keluarga yang berdampak PHK.

Khusus untuk BPNT masyarakat harus memiliki Kartu Kesejahteraan Sosial (KKS), gunanya untuk mencairkan bansos berupa sembako senilai Rp200.000 per bulannya.

Sementara, bansos PKH akan disalurkan pada 7 kategori seperti Ibu Hamil Rp3 juta per tahun, Lansia Rp2,4 juta per tahun, Anak usia dini Rp3 juta per tahun.

Baca Juga: Ramalan Zodiak Taurus Besok, 28 Februari 2023: Hati-hati dengan Ucapan yang Keluar dari Mulutmu

Kemudian, Penyandang Disabilitas Rp2,4 juta per tahun, SD sederajat Rp900.000 per tahun, SMP sederajat Rp1,5 juta, dan SMA sederajat Rp2 juta per tahun.

Hanya saja, sampai detik ini kedua bansos tersebut belum juga cair, masyarakat mulai mempertanyakan keterlambatan pencairan BPNT dan PKH tahap 1.

Pencairan bansos BPNT 2023 diprediksi akan cair di bulan Maret, untuk informasi BPNT pada tahun sebelumnya pernah dirafel.

Baca Juga: Teori dan Prediksi The Glory Season 2: Moon Dong Eun Operasi Plastik untuk Hidup Sebagai Park Yeon Jin

Sehingga masyarakat akan mendapatkan dana Rp 600.000, dari 3 bulan pencairan yaitu Januari-Maret.

Lalu, untuk Bansos PKH tahap 1 juga diprediksi akan cair hari ini hingga akhir Maret, masyarakat yang namanya sudah terdaftar di DTKS dihimbau agar selalu melakukan pengecekan nama penerima di cekbansos.kemensos.go.id.  

Untuk memastikan nama penerima silahkan login dengan cara:

1. Login di website cekbansos.kemensos.go.id

Baca Juga: Lihat Potensi Manchester United Saat ini, Keluarga Glazer Kembali Membatalkan Penjualan Klub

2. Input Alamat lengkap sesuai KTP

Halaman:

Editor: Nur Annisa


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x