Ini Dia Bansos yang Cair di Awal Tahun 2024, Cek Apakah Anda Termasuk Penerimanya

- 22 Januari 2024, 15:07 WIB
Berikut ini merupakan daftar bansos yang cair pada awal tahun 2024, cek nama penerimanya dengan cara ini.
Berikut ini merupakan daftar bansos yang cair pada awal tahun 2024, cek nama penerimanya dengan cara ini. /Pixabay./

PR DEPOK - Tahun 2024 menjadi tahun yang penuh harapan bagi masyarakat Indonesia, khususnya yang berada di bawah garis kemiskinan. Pasalnya, pemerintah masih akan memberikan bantuan sosial (bansos) kepada mereka yang membutuhkan.

Bansos ini bertujuan untuk membantu memenuhi kebutuhan sehari-hari dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Bansos yang diberikan oleh pemerintah di tahun 2024 ini diharapkan dapat membantu masyarakat Indonesia yang terdampak oleh badai El Nino dan krisis ekonomi. Bansos ini juga diharapkan dapat mendorong masyarakat untuk lebih produktif dan berdaya.

Bansos yang Dibagikan di 2024

Ada tiga jenis bansos yang akan diberikan oleh pemerintah di tahun 2024, yaitu Program Keluarga Harapan (PKH), bantuan pangan nontunai (BPNT), dan bansos beras 10 kg. Ketiga bansos tersebut akan diberikan secara bersamaan kepada keluarga penerima manfaat (KPM) yang telah memenuhi syarat dan terdaftar dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kementerian Sosial (Kemensos).

Baca Juga: 4 Rekomendasi Sambal Bakar Paling Enak dan Hits di Bandung, Pedasnya Mantul!

Berikut ini adalah perbedaan dari ketiga macam bansos tersebut:

1. Bansos PKH adalah bantuan uang tunai yang diberikan kepada keluarga miskin yang memiliki anggota keluarga yang hamil, menyusui, balita, anak sekolah, atau penyandang disabilitas.

2. Sedangkan BPNT adalah bantuan uang elektronik yang dapat digunakan untuk membeli bahan pangan di e-warung yang telah ditunjuk oleh pemerintah.

3. Bansos beras 10 kg adalah bantuan beras yang diberikan setiap bulan kepada KPM yang menerima PKH dan BPNT.

Baca Juga: Oknum Perguruan Silat di Tuban Keroyok Pengendara Motor, Salah Satu Korban Seorang Wanita

Halaman:

Editor: Linda Agnesia


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah