Info Terbaru PKH dan BPNT Juni 2024? Siapkan KTP untuk Cek Penerima di cekbansos.kemensos.go.id

- 25 Mei 2024, 15:05 WIB
Penyaluran bansos hingga bulan Mei 2024 masih terus disalurkan hingga diterima secara merata oleh masyarakat. *
Penyaluran bansos hingga bulan Mei 2024 masih terus disalurkan hingga diterima secara merata oleh masyarakat. * /Dok Kemensos

PR DEPOK – Penyaluran bansos (bantuan sosial) masih dilakukan oleh Pemerintah, hingga bulan Mei 2024 bansos masih terus disalurkan hingga diterima secara merata oleh masyarakat. PKH dan BPNT di bulan Juni 2024 mendatang masih akan diterima berupa uang tunai.

Biasanya PKH dan BPNT disalurkan bersamaan atau dalam waktu yang berdekatan, dan untuk penyaluran bulan Juni 2024 kemungkinan disalurkan bersamaan seperti bulan sebelumnya.

Pemerintah setiap 3 bulan sekali menyalurkan bansos (bantuan sosial) PKH kepada 9 juta masyarakat kurang mampu menurut data yang ada di DTKS. Bantuan uang tunai disalurkan bertahap kepada 7 kalangan mulai dari Anak Sekolah SD-SMA, Lansia, Balita, Ibu Hamil, dan Penyadangan Disabilitas.

Besaran dana yang diterima pun jumlahnya beragam mulai dari Rp225.000-Rp750.000 per KK atau per kepala keluarga.

Baca Juga: 7 Opsi Destinasi Wisata di Baturaden, Bisa Hiking Tipis-Tipis

Begitu juga dengan BPNT yang setiap bulannya akan disalurkan kepada 18,8 juta masyarakat miskin yang berhak menerima bantuan pangan.

Besaran yang diterima tidak lagi berupa sembako melainkan berupa uang tunai per bulannya Rp200.000 tetapi, karena sering dirapelkan sehingga bantuan yang diterima per bulannya sebesar Rp400.000 hingga Rp600.000.

Bansos PKH dan BPNT tersebut akan disalurkan melalui Bank Himbara diantaranya Bank Mandiri, BSI, BTN, BNI, hingga BRI. Khusus untuk masyarakat yang tidak memiliki KKS atau rekening bisa mendapatkan bansos melalui Kantor Pos menggunakan Surat Undangan.

PKH dan BPNT saat ini sudah cair dan masih ada yang disalurkan hingga saat ini, kedua banso tersebut akan cair lagi di Juni 2024.

Baca Juga: Bikin Perut Kenyang! Yuk Nikmatin 5 Bakso Terenak di Kota Denpasar, Kuah Enak Menggoda

Halaman:

Editor: Tyas Siti Gantina


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah