Atalia Kamil Ajak Pelajar untuk Tepis Isu Hoaks tentang Virus Corona

- 6 Februari 2020, 10:26 WIB
BUNDA Literasi Jawa Barat Atalia Ridwan Kamil saat mengunjungi SMK Negeri 1 Pangandaran dalam menangkal berita hoaks terkait virus corona.*

PIKIRAN RAKYAT - Sudah sekitar satu bulan lebih sejak kemunculan virus yang berasal dari Kota Wuhan, Provinsi Hubei, Tiongkok mewabah. Jenis virus Corona baru ini kini terus menyebar ke lebih dari 25 negara.

Jumlah korban yang terinfeksi pun sudah mencapai puluhan ribu bahkan di antaranya meninggal dunia.

Kabar virus mematikan ini sangat menggemparkan dunia, bahkan di Indonesia sendiri menjadi fokus perhatian.

Di tengah Kepanikan masyarakat Indonesia yang tak terhindarkan, hal tersebut dimanfaatkan oleh sebagian orang untuk menyebarkan berita bohong atau berita hoaks terkait virus corona.

Baca Juga: Update Terbaru Virus Corona: 70 Kematian Baru Akibat Virus Corona di Tiongkok, NHC Nyatakan 1020 Orang Sembuh

Bahkan berita bohong tersebut tersebar di media online, termasuk di berbagai platform media sosial. Berbagai spekulasi pun menambah kepanikan masyarakat indonesia.

Berita hoaks seputar virus Corona terjadi di mana saja, termasuk di Indonesia dan hal ini membuat pihak Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) Republik Indonesia gerah melihat kondisi tersebut.

Bahkan dengan jumlah berita hoaks yang tersebar Kemkominfo telah melakukan klasifikasi pada informasi-informasi yang salah dan sesat.

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) telah mendapati begitu banyak hoax terkait virus Corona yang menyebar di dunia maya. Tidak tanggung-tanggung jumlahnya mencapai 54 konten.

Halaman:

Editor: M Bayu Pratama

Sumber: Antara


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

Pikiran Rakyat Media Network

X