Tarik-Menarik antara Kepentingan Sepak Bola dengan Politik Luar Negeri Peninggalan Soekarno

- 28 Maret 2023, 13:27 WIB
Ilustrasi sepak bola.
Ilustrasi sepak bola. /Pixabay/AnnRos/

PR DEPOK - Drawing Piala Dunia U20 pada 31 Maret 2023 di Denpasar, Bali dibatalkan oleh FIFA.

Disinyalir pembatalan drawing Piala Dunia U20 karena adanya gelombang penolakan terhadap Timnas Israel pada laga sepak bola muda ini.

Gelombang penolakan tersebut datang dari Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Gubernur Bali I Wayan Koster.

Baca Juga: Kartu Prakerja Gelombang 50 Segera Ditutup? Ketahui Estimasi Tanggal dan Tips Lolos Berikut Ini

Alasan penolakan Timnas Israel dari kedua politisi dan kader Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) berbasis pada pandangan politik Presiden Soekarno bahwa Israel telah menjajah bangsa Palestina.

Wacana senada juga disampaikan oleh Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam RI) Mahfud MD bahwa Indonesia tetap tidak akan memiliki hubungan diplomatik dengan Israel sampai Palestina merdeka.

"Prinsipnya Indonesia itu tidak punya hubungan diplomatik dengan Israel dan tidak akan pernah melakukan hubungan diplomatik dengan Israel selama Palestina belum merdeka. Itu adalah pernyataan Bung Karno di PBB, di KAA, lalu Bung Karno membuat Ganefo sendiri karena melawan imperialisme, bagi Bung Karno Israel itu imperialis," kata Mahfud MD dikutip oleh PikiranRakyat.Depok.com dari ANTARA, Selasa, 28 Maret 2023.

Baca Juga: Hari Ini Pengumuman SNBP 2023! Ada 143.805 Peserta Lolos, Cek Namamu di Sini

Mahfud MD mengharapkan dunia internasional berkawan dengan baik dan memandang olahraga itu sebagai salah satu cara kita terlibat dalam dunia internasional dengan baik.

Halaman:

Editor: Nur Annisa

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah