Terdorong Sentimen Positif Vaksin Covid-19, Harga Minyak Dunia Alami Kenaikan

- 11 Desember 2020, 07:40 WIB
Kilang minyak Pertamina/Instagram Pertamina
Kilang minyak Pertamina/Instagram Pertamina /

PR DEPOK – Harga minyak dunia kembali mengalami perubahan terbarunya yang disebabkan oleh sejumlah faktor.

Harga minyak mentah jenis Brent misalnya untuk pengiriman Februari naik 1,39 dollar AS atau 2,8 persen ke level 50,25 dollar AS per barel di London ICE Futures Exchange pada akhir sesi perdagangan Kamis, 10 Desember 2020 waktu setempat atau Jumat, 11 Desember 2020 WIB pagi.

Sementara itu, harga minyak mentah jenis West Texas Intermediate (WTI) naik 1,26 dollar AS atau 2,8 persen ke level 46,78 dollar AS per barel di New York Mercantile Exchange pada sesi perdagangan yang sama.

Baca Juga: Pakar India Temukan Jejak Timbal Nikel dalam Darah Pasien yang Terpapar Penyakit Misterius

Kenaikan harga minyak dunia yang terjadi pada saat ini didorong oleh harapan pemulihan permintaan yang lebih cepat lantaran sejumlah negara dunia mulai meluncurkan vaksin Covid-19.

Inggris memulai vaksinasi pada pekan ini sementara itu, Amerika Serikat (AS) dapat memulai vaksin secepatnya pada akhir pekan ini.

Selain itu, Kanada pada Rabu, 9 Desember 2020 menyetujui vaksin pertamanya dan mengatakan suntkan awal akan dikirimkan mulai pekan depan.

Baca Juga: Jadwal Program Belajar dari Rumah oleh Kemendikbud yang Tayang di TVRI pada Jumat 11 Desember 2020

Investor mengabaikan laporan mingguan yang dirilisn pada Rabu, 9 Desember 2020 tentang persediaa minyak AS yang menunjukan kenaikan besar-besaran stok minyak mentah sebesar 15,2 juta barel.

Padahal sebelumnya, analis memperkirakan adanya penurunan 1,4 juta barel.

Halaman:

Editor: Billy Mulya Putra

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x