Teten Masduki Janji Percepat Pencairan BLT UMKM Rp1,2 Juta hingga Lebaran, Simak! Ini Cek Online Penerima BPUM

- 6 Mei 2021, 16:00 WIB
Menteri UKM Teten Masduki percepat proses penyaluran BLT UMKM Rp1,2 juta hingga Lebaran
Menteri UKM Teten Masduki percepat proses penyaluran BLT UMKM Rp1,2 juta hingga Lebaran /Youtube PerekonomianRI

PR DEPOK – Kabar baik bagi para pengusaha UMKM sebab pencairan BLT UMKM Rp1,2 Juta akan dilakukan hingga lebaran 2021 mendatang, berikut ini cara cek online pencairan dana BPUM.

Mengenai jadwal pencairan BLT UMKM, Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah, Teten Masduki menyebutkan pemerintah akan terus mengejar hingga Lebaran Idul Fitri tahun ini karena bantuan tersebut sangat berkaitan dengan kemampuan daya beli masyarakat di tengah pandemi Covid-19.

“Kami akan terus kejar sampai lebaran karena ini saya kira berkaitan juga untuk kemampuan mendorong daya beli di masyarakat,” tegasnya.

Baca Juga: Ratusan Buruh Protes Tak Bisa Melintas di Tol Japek untuk Kerja karena Disekat, PT Jasa Marga Beri Penjelasan

Pemerintah melalui banpres produktif untuk usaha mikro telah menyiapkan anggaran sebesar Rp15,36 triliun untuk 12,8 juta pelaku usaha di target awal untuk penyaluran 9,8 juta.

Tercatat, BLT UMKM Rp1,2 juta ini sudah terealisasi 88,11 persen atau sudah tersalurkan kepada 8,6 juta pelaku UMKM.

Pemberian bantuan ini berpengaruh pada konsumsi rumah tangga naik dari minus 3,61 persen di triwulan IV-2020 menjadi minus 2,23 persen di triwulan I-2021 sedangkan konsumsi pemerintah dari 1,76 persen di triwulan IV-2020 menjadi 2,96 persen di triwulan I-2021.

Baca Juga: Paris Saint-Germain Ingin Datangkan Mohamed Salah untuk Pengganti Kylian Mbappe

Ia pun mengatakan pemerintah melanjutkan subsidi bunga yang dinilai sudah tepat untuk memastikan UMKM tidak terjun bebas, bertahan, dan mulai pulih sejalan dengan membaiknya daya beli tersebut.

Halaman:

Editor: Muhamad Gilang Priyatna

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x