Cara Daftar DTKS Online dan Offline untuk Mendapatkan Bansos 2022, Mudah dan Tidak Ribet

- 19 Mei 2022, 13:57 WIB
Simak penjelasan tentang cara daftar DTKS Kemensos secara online agar mendapatkan bansos PKH dan BPNT.
Simak penjelasan tentang cara daftar DTKS Kemensos secara online agar mendapatkan bansos PKH dan BPNT. /Kemensos/

PR DEPOK – Berikut ini cara daftar Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) untuk mendapatkan bantuan sosial atau bansos 2022 dari pemerintah.

Sebagai informasi, cara daftar DTKS ini bisa menjadi pedoman bagi masyarakat calon penerima bansos tahun 2022 dari pemerintah, mulai dari Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) sebesar Rp200 ribu per bukan, Program Keluarga Harapan (PKH) ibu hamil sebesar Rp3 juta hingga anak sekolah.

Cara daftar DTKS ini sangat mudah. Masyarakat bisa mendaftar secara online maupun offline, agar secepatnya bisa tercantum sebagai penerima bansos 2022.

Baca Juga: Terjadi di Tanggal yang Sama, Netizen Merinding Melihat Kesamaan Insiden Kecelakaan Kim Sae Ron dan Lizzy

Dikutip PikiranRakyat-Depok.com dari Puspensos Kementerian Sosial, DTKS merupakan sumber data utama pemerintah untuk menetapkan sasaran bansos 2022 yang akan disalurkan kepada masyarakat.

Tujuan utama DTKS ini, adalah agar penyelenggaran kesejahteraan sosial dapat dilaksanakan secara terarah, terpadu, dan berkelanjutan oleh kementerian/lembaga, pemerintah daerah, dan masyarakat.

Bahkan, DTKS ini sudah tertuang dalam Permensos Nomor 5 Tahun 2019 Tentang Pengelolaan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial.

Baca Juga: Lakukan Registrasi DTKS Kemensos 2022 Via HP di Aplikasi Cek Bansos untuk Dapatkan Bansos PKH dan BPNT

Sementara, dalam pengelolaan DTKS, pemerintah melakukannya dengan menggunakan Sistem Informasi Kesejahteraan Sosial Next-Generation (SIKS-NG) yang terintegrasi.

Halaman:

Editor: Nur Annisa

Sumber: Puspensos Kemensos DTKS Kemensos


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x