Diakui Bank Sentral Australia, Perusahaan Swasta Lebih Baik Soal Pengeluaran Mata Uang Digital

- 17 Juli 2022, 15:24 WIB
Ilustrasi - Gubernur Bank Sentral Australia Philip Lowe menyebut perusahaan swasta lebih baik dalam hal pengeluaran mata uang digital.
Ilustrasi - Gubernur Bank Sentral Australia Philip Lowe menyebut perusahaan swasta lebih baik dalam hal pengeluaran mata uang digital. /Pixabay/WorldSpectrum.

PR DEPOK - Gubernur Bank Sentral Australia Philip Lowe menerangkan, token digital atau uang digital akan berfokus pada konsumen dan yang dikeluarkan oleh perusahaan swasta.

Disebutkan Philip Lowe, pengeluaran dari pihak perusahaan swasta dapat bisa lebih baik daripada mata uang digital yang dikeluarkan bank sentral dengan asumsi perusahaan mau diatur dengan tepat.

Hal tersebut disampaikan Gubernur Bank Sentral Australia dalam diskusi panel pada pertemuan pejabat keuangan G20 di Indonesia yang disiarkan secara online.

"Jika token ini akan digunakan secara luas oleh masyarakat, mereka perlu didukung oleh negara, atau diatur seperti kami mengatur simpanan bank," katanya, dikutip Pikiranrakyat-Depok.com dari Reuters.

Baca Juga: Sri Mulyani Putuskan Hapus Tarif Pungutan Ekspor Minyak Sawit hingga 31 Agustus 2022, Apa Alasannya?

"Saya cenderung berpikir bahwa solusi swasta akan lebih baik, jika kita bisa mendapatkan pengaturan peraturan yang benar dan jelas," ucap dia.

"Karena sektor swasta lebih baik daripada bank sentral dalam berinovasi dan merancang fitur untuk token ini, dan kemungkinan juga ada biaya yang sangat signifikan untuk bank sentral menyiapkan sistem token digital," tuturnya lagi.

Lowe dan rekan panelisnya setuju bahwa lebih banyak yang harus dilakukan untuk menciptakan sistem regulasi yang cukup kuat untuk token semacam itu.

Baca Juga: Hanya Input KTP di Link Ini Bisa Dapat PKH Tahap 3 yang Cair Juli 2022, Buruan Cek Namamu di Sini!

Di kesempatan yang sama, Kepala Otoritas Moneter Hong Kong (HKMA) mengatakan, pengawasan yang lebih besar terhadap token itu juga dapat membantu mengurangi risiko dari proyek keuangan terdesentralisasi (DeFi).

Halaman:

Editor: Ramadhan Dwi Waluya

Sumber: Reuters


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x