Cara Cek BI Checking Online Lewat HP, Ikuti Langkah Mudah Ini agar Bisa Ajukan Kredit di Bank

- 19 Oktober 2022, 11:23 WIB
Ilustrasi. Berikut cara cek BI Checking agar mudah ajukan kredit ke bank masyarakat bisa melakukannya secara online di HP.
Ilustrasi. Berikut cara cek BI Checking agar mudah ajukan kredit ke bank masyarakat bisa melakukannya secara online di HP. /Unsplash/Austin Distel./Unsplash/Austin Distel

PR DEPOK - Simak pemaparan lengkap cara cek BI Checking online lewat HP agar masyarakat mudah mengajukan kredit yang bakal diulas dalam artikel ini.

Perlu diketahui, salah satu hal penting agar masyarakat mendapat persetujuan saat ajukan kredit di bank atau lembaga keuangan lain yakni dengan melakukan cara cek BI Checking.

Untuk cara cek BI Checking agar mudah ajukan kredit ke bank masyarakat bisa melakukannya secara online maupun offline.

Namun, sebelum itu masyarakat perlu tahu bahwa BI Checking sudah diganti dengan Sistem Layanan Informasi Keuangan Otoritas Jasa Keuangan (SLIK OJK).

Baca Juga: Segera Wamil, Jin BTS Siap Rilis Single Solo Akhir Oktober 2022, Berkolaborasi dengan Coldplay?

Adapun sistem peralihan tugas BI Checking ke SLIK OJK tertuang dalam UU No. 21 tahun 2011 yang menetapkan peralihan layanan sistem informasi debitur (SID) dari BI ke OJK.

Bagi yang belum tahu, BI Checking atau SLIK OJK merupakan catatan informasi terkait riwayat debitur bank dan lembaga keuangan lainnya, terutama informasi mengenai lancar dan tidaknya saat pembayaran kredit yang dijalani.

BI Checking atau SLIK OJK digunakan oleh bank sebagai rujukan dalam memperoleh informasi riwayat kredit calon debiturnya, yang dijadikan pertimbangan apakah debitur tersebut layak mendapatkan kredit atau tidak.

Baca Juga: Cara Mudah Daftar Program KUR BRI 2022 Online di Link kur.bri.co.id

Untuk itu, bagi masyarakat yang akan ajukan kredit di bank, ada baiknya mengetahui cara cek BI Checking lewat HP. Bagaimana langkahnya? Simak pemaparan lengkapnya berikut ini.

Halaman:

Editor: Ramadhan D.W


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah