Bansos Kemensos PKH dan BPNT Cair Sampai Akhir Bulan September 2023, Ini Cara Cek Penerimanya

- 22 September 2023, 16:36 WIB
Berikut ini merupakan informasi soal pencairan bansos PKH dan BPNT dari Kemensos, simak cara cek penerima.
Berikut ini merupakan informasi soal pencairan bansos PKH dan BPNT dari Kemensos, simak cara cek penerima. /ANTARA/Prasetia Fauzani

PR DEPOK - Bantuan sosial Program Keluarga Harapan (Bansos PKH) dan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) akan cair selama bulan September 2023.

Kementerian Sosial (Kemensos) akan menyalurkan bansos PKH dan BPNT mulai tanggal 1 sampai 30 September 2023 untuk masyarakat yang terdaftar dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

Hingga pertengah bulan September 2023, beberapa wilayah sudah menyalurkan kedua bansos tersebut. Masyarakat yang belum terima, diharap bersabar karena penyalurannya bertahap.

Masyarakat dapat mengecek daftar penerima PKH dan BPNT bulan September 2023 melalui cekbansos.kemensos.go.id. Langkah-langkah cek bansos akan diulas pada akhir artikel ini.

Baca Juga: Nyaman dan Menyenangkan, Catat 8 Rekomendasi Tempat Jogging Terbaik di Jakarta

Seperti diketahui, PKH dan BPNT merupakan bantuan sosial regular Kemensos bagi keluarga miskin yang ditetapkan sebagai keluarga penerima manfaat (KPM).

PKH menargetkan keluarga miskin terutama ibu hamil dan anak untuk menerima akses pelayanan kesehatan dan pendidikan.

Melalui PKH ini, keluarga miskin dapat menerima pelayanan sosial dasar seperti kesehatan, pendidikan, pangan dan gizi, perawatan, dan pendampingan menuju kesejahteraan sosial.

Sementara itu, BPNT merupakan bansos yang bertujuan meringankan beban pangan masyarakat. Melalui program ini, masyarakat dapat memenuhi kebutuhan pangan pokok, seperti membeli beras, ikan, sayur, telur, dll.

Halaman:

Editor: Linda Agnesia


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x