Cara Cek Daftar Penerima BLT Anak Sekolah Januari 2023, Cairkan hingga Rp4,4 Juta dengan Penuhi Syarat Ini

- 4 Januari 2023, 08:20 WIB
ILUSTRASI - Simak penjelasan terkait cara cek penerima BLT anak sekolah untuk Januari 2023, beserta syarat yang harus dimiliki.
ILUSTRASI - Simak penjelasan terkait cara cek penerima BLT anak sekolah untuk Januari 2023, beserta syarat yang harus dimiliki. /Pixabay/

PR DEPOK - Berikut ini syarat dan cara cek daftar penerima BLT anak sekolah agar dapat cairkan uang tunai sebesar Rp4,4 juta tahun ini. Bulan Januari 2023 mulai disalurkan.

Bantuan langsung tunai atau BLT anak sekolah adalah salah satu kategori Program Keluarga Harapan (PKH) yang cair mulai Januari 2023 dan dilanjutkan April, Juli, dan Oktober.

BLT anak sekolah menyesar peserta didik mulai tingkat SD, SMP, dan SMA yang sudah memenuhi syarat. Total BLT anak sekolah Rp4,4 juta ini merupakan akumulasi bantuan setahun dari semua jenjang pendidikan dasar dengan rincian, siswa SD dapat Rp900.000, SMP Rp1,5 juta, dan SMA Rp2 juta.

Selain siswa masuk golongan keluarga yang terdaftar di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS), ada beberapa syarat khusus lainnya yang wajib dipenuhi calon penerima BLT anak sekolah. Syarat-syarat tersebut, yakni:

Baca Juga: Tanggapi Pembatasan Kedatangan terhadap Turis dari Negaranya, China: Tidak Memiliki Dasar Ilmiah

- Memiliki Kartu Indonesia Pintar (KIP)

- Terdaftar di Lembaga pendidikan formal atau non-formal sesuai daerah masing-masing

- Pemilik KIP harus terdaftar di Data Pokok Pendidikan (Dapodik) lembaga pendidikan

- Bagi keluarga yang tidak memiliki KIP, pendaftaran BLT bagi anak sekolah dapat dilakukan dengan cara melakukan pendaftaran ke lembaga dinas pendidikan terdekat dengan membawa Kartu Keluarga Sejahtera (KKS)

Halaman:

Editor: Linda Agnesia


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x