Cara Cek Bansos 2023 Lewat Situs Resmi Kemensos, Ada PKH Tahap 1, BPNT, hingga PBI JK

- 22 Januari 2023, 19:27 WIB
Ilustrasi bansos 2023.
Ilustrasi bansos 2023. /Antara/

PR DEPOK - Informasi mengenai cara cek bansos 2023 lewat situs resmi Kemensos, yang mana ada bantuan sosial seperti PKH tahap 1, BPNT, hingga PBI JK, tersedia dalam isi artikel ini.

Pada bulan Januari 2023, Pemerintah yang dalam hal ini bekerjasama dengan Kementerian Sosial (Kemensos) kembali menyalurkan beberapa program Bantuan Sosial atau bansos 2023 yang berbeda-beda.

Sama seperti tahun lalu, program bansos seperti PKH tahap 1, BPNT, hingga PBI JK masih akan terus disalurkan, setelah sukses pada tahun 2022, yang mana juga masyarakat banyak menerima manfaat dari program bansos 2023 tersebut.

Baca Juga: PIP Kemdikbud Tahun 2023 Cair untuk Siapa Saja? Simak Info dan Cara Cek Penerima di Sini

Seperti yang diketahui, bansos seperti PKH tahap 1, BPNT, hingga PBI JK tentunya merupakan bansos yang berbeda, dan tentunya memiliki besaran dana yang berbeda pula, sesuai dengan kebutuhan KPM (Keluarga Penerima Manfaat).

Bagi masyarakat yang ingin menjadi salah satu penerima bantuan sosial dari Pemerintah, masyarakat sebelumnya harus telah terdaftar atau mendaftarkan data dirinya dalam DTKS Kemensos, sebagai langkah awal verifikasi data dirinya.

Pendaftaran DTKS Kemensos juga bisa dilakukan dengan dua cara, yakni secara online atau secara langsung melalui Dinsos (Dinas Sosial), Kecamatan/Kelurahan, RT/RW sesuai dengan domisili Anda.

Baca Juga: PKH Tahap 1 Masih Cair Akhir Januari 2023? Lekas Cek di Link Ini

Sementara itu, mengenai pendaftaran DTKS Kemensos secara online, masyarakat tinggal mendownload "Aplikasi Cek Bansos" di Google Playstore, serta mengisi data diri yang diminta seperti yang terdapat di KTP masing-masing.

Halaman:

Editor: Nur Annisa


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x