Masih Pusing Setiap Tiba Tanggal Penggajian? Ini Software Gaji Solusi Terbaik

- 28 Februari 2023, 11:25 WIB
Ilustrasi.
Ilustrasi. /Pixabay/pixelcreatures /


PR DEPOK
- Software gaji karyawan kian populer di kalangan pelaku usaha terutama usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Popularitas software ini seiring semakin meleknya pengusaha UMKM terhadap kemajuan teknologi.

Namun masih ada yang mencampurkan antara software berbasis web dan software payroll biasa. Meskipun memiliki fungsi yang serupa, keduanya berbeda dalam hal keunggulan fitur yang ditawarkan pada masing-masing software gaji yang hadir di Indonesia


Pengertian Payroll?

Sebelum mengenal tentang software gaji karyawan, pertama-tama harus mengetahui dulu apa itu payroll atau penggajian. Payroll adalah kompensasi yang harus dibayar pengusaha kepada pegawai dalam periode waktu tertentu atau pada tanggal yang sudah ditentukan. Payroll juga berarti daftar pegawai yang berhak menerima gaji dari perusahaan atas pekerjaannya.

Dalam sebuah bisnis, payroll dikelola oleh tim akuntansi atau sumber daya manusia. Tapi kebanyakan para pelaku UMKM mengatur payroll untuk pegawainya sendiri. Payroll adalah bagian penting manajemen pengeluaran perusahaan. Kekeliruan dalam penanganan payroll bisa berdampak buruk bagi keuangan perusahaan.

Tim atau individu yang bertugas mengelola payroll harus cermat bekerja untuk mencegah terjadinya kesalahan. Dalam hal inilah software gaji karyawan dapat menunjukkan perannya dengan baik.

Pengertian Software Gaji Karyawan?

Di zaman dulu ketika teknologi belum seperti sekarang khususnya saat belum adanya software gaji, pemilik usaha mengandalkan pena dan buku untuk mencatat pembayaran gaji pegawainya. Pengusaha menulis nama, waktu kerja, dan jumlah pembayaran kepada pegawainya tiap waktu gajian tiba. Setelah menerima gaji, pegawai mendapat tanda terima dan pengusaha harus mencatatnya lagi satu demi satu.

Metode ini sangat tidak praktis untuk pihak pengusaha. Hal ini merepotkan dan membuat lelah pengusaha jika harus memproses pembayaran pegawai tiap bulan apalagi jika berjumlah banyak. Untuk mengatasi masalah tersebut, muncul teknologi yang membuat pemrosesan gaji lebih mudah dan efisien

Baca Juga: Lirik Lagu Happy Fools - TXT, TOMORROW X TOGETHER Version

Halaman:

Editor: Tim PRMN


Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x