3,2 Juta KPM Terima Bansos BPNT-PKH Sebelum Lebaran, Cek Caranya di Sini

- 15 April 2023, 08:45 WIB
Simak penjelasan tentang cara cek penerima bansos BPNT dan PKH yang akan mendapatkan bantuan sebelum Lebaran.
Simak penjelasan tentang cara cek penerima bansos BPNT dan PKH yang akan mendapatkan bantuan sebelum Lebaran. /ANTARA/Akhmad Nazaruddin Lathif/

PR DEPOK - PT Pos Indonesia (Persero) telah menegaskan bahwa mereka akan menyelesaikan pendistribusian Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) dan Program Keluarga Harapan (PKH) dari Kementerian Sosial (Kemensos) kepada 3,2 juta keluarga penerima manfaat (KPM) sebelum Lebaran 2023.

Dilansir PikiranRakyat-Depok.Com dari Antara, menurut Faizal R Djoemadi, selaku Direktur Utama PT Pos Indonesia (Persero), pihaknya telah diberikan tugas oleh Kemensos untuk menyalurkan bantuan pada tahap pertama kepada 1,1 juta KPM di 83 kabupaten/kota di seluruh Indonesia.

"Dari jumlah awal 1,1 juta KPM, kami menerima tambahan sebanyak total 3,1 juta KPM, hampir mencapai 3,2 juta KPM. Saat ini, sekitar 80 persen dari jumlah tersebut telah disalurkan. Kami masih memiliki waktu maksimal dua minggu untuk menyelesaikan penyaluran kepada seluruh 3,2 juta KPM," katanya menjelaskan.

Direktur Utama PT Pos Indonesia (Persero), Faizal R Djoemadi, mengatakan dalam keterangan resminya di Jakarta pada hari Sabtu, bahwa Kemensos telah menambah alokasi KPM sebanyak total 4,5 juta penerima.

Baca Juga: Ini Daftar Kendaraan Dilarang Melintas Saat Mudik Lebaran 2023, Berlaku Mulai 19 April

Namun, Faizal menjelaskan bahwa penambahan data KPM yang diterima belakangan akan mulai dibayarkan setelah Lebaran atau H+3 karena waktu yang terbatas.

"Tindakan ini diambil sebagai langkah pencegahan untuk menghadapi mudik dan libur nasional, mengingat bahwa melakukan penyaluran bantuan di periode tersebut tidak akan efektif jika dipaksakan,” katanya.

Alokasi KPM yang semula hanya 83 kabupaten/kota, termasuk wilayah 3T, telah ditingkatkan menjadi 514 kota/kabupaten yang tersebar di seluruh daerah, dengan total 4,5 juta KPM.

Halaman:

Editor: Linda Agnesia

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x