Menristek Fokuskan Empat Hal Ini untuk Pemulihan Ekonomi Indonesia

- 26 Agustus 2020, 15:28 WIB
Calon penumpang mengantre untuk menaiki bus Transjakarta di Halte Harmoni, Jakarta, Kamis (4/6/2020).*
Calon penumpang mengantre untuk menaiki bus Transjakarta di Halte Harmoni, Jakarta, Kamis (4/6/2020).* /ANTARA FOTO/Wahyu Putro A/aww/

PR DEPOK – Pandemi Covid-19 berdampak pada keadaan ekonomi Indonesia yang kian melemah.

Sehubungan dengan hal ini, Menteri Riset dan Teknologi (Menristek), Bambang Brodjonegoro mengatakan terdapat empat fokus yang dapat memulihkan ekonomi Indonesia dan mencegah kontraksi lebih dalam di masa pandemi ini.

Dikutip Pikiranrakyat-depok.com dari Antara, Bambang memaparkan bahwa pihaknya ingin merespon berbagai masalah yang juga dapat membangkitkan perekonomian Indonesia.

Baca Juga: Catat! Menaker Ida Fauziyah Pastikan Subsidi Upah untuk Pekerja Cair Besok Kamis 27 Agustus 2020

"Kita ingin merespon berbagai masalah sekaligus ingin mencegah terjadinya kontraksi yang lebih dalam terhadap perekonomian kita. Sebagai komunitas riset dan inovasi, kita juga harus mempunyai langkah-langkah yang lebih terfokus," kata Bambang dalam seminar virtual Rabu, 26 Agustus 2020.

Lebih jauh ia menyampaikan bahwa timnya mencoba mendefinisikan langkah-langkah tersebut ke dalam empat fokus, termasuk penanggulangan Covid-19 dan pemulihan ekonomi itu sendiri.

Seminar virtual bertajuk 'Thee Kian Wie Lecture Series V' yang bertema 'Kebijakan Pembangunan yang Inklusif dan Berkelanjutan: Strategi Pemulihan Pascapandemi' itu diselenggarakan oleh Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI).

Baca Juga: Tak Hanya untuk Kesahatan, 6 Kebiasaan Ini Nyatanya Baik untuk Anda dan Lingkungan

"Penanggulangan Covid-19 dan pemulihan ekonomi merupakan kombinasi dari upaya penanganan yang dilakukan oleh pihak yang bergerak di bidang riset, kesehatan, farmasi, dan juga pemulihan ekonomi terutama terkait transformasi digital," ujar Menteri Keuangan periode 2014-2016 itu.

Ia melanjutkan bahwa tiga langkah terfokus selanjutnya adalah memperkuat daya saing bangsa, mencapai inklusivitas, serta keluar dari perangkap pendapatan menengah atau middle income trap.

Halaman:

Editor: Billy Mulya Putra

Sumber: Permenpan RB


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x