Cara Cek Penerima BLT El Nino Rp400.000 yang Cair pada November 2023 dan Syarat Mendapatkannya

- 28 Oktober 2023, 21:27 WIB
Ilustrasi - Berikut ini merupakan syarat, besaran bantuan, serta cara cek penerima bantuan BLT El Nino, termasuk waktu pencairan.
Ilustrasi - Berikut ini merupakan syarat, besaran bantuan, serta cara cek penerima bantuan BLT El Nino, termasuk waktu pencairan. /PIXABAY/Iqbal Nuril Anwar

PR DEPOK – Pemerintah pusat akan memberikan bantuan langsung tunai atau BLT El Nino sebesar Rp400.000 untuk dua bulan kepada masyarakat. Bagaimana cara cek penerima dan syarat menerima bantuan tersebut?

Artikel ini akan mengulas informasi mengenai cara cek penerima BLT El Nino dan syarat untuk mendapatkannya.

BLT El Nino merupakan bagian dari bantuan sosial (bansos) yang dikucurkan pemerintah untuk memitigasi kemarau panjang akibat El Nino.

Dana untuk BLT El Nino bersumber dari Anggaran Pendapat dan Belanja Negara (APBN). Totalnya mencapai Rp7,52 triliun.

Baca Juga: 6 Rekomendasi Warung Nongkrong di Yogyakarta Paling Hits yang Menunya Enak, Ada yang Buka 24 Jam

“Terjadinya El Nino mengakibatkan lonjakan harga komoditas, seperti beras yang memicu tekanan inflasi tinggi. Maka dari itu, APBN perlu untuk memberikan perlindungan dengan penebalan bansos,” kata Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, pada Jumat, 27 Oktober 2023 seperti dikutip PikiranRakyat-Depok.com dari Antara.

Penerima BLT El Nino adalah Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang terdata di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial. Sebanyak 18,8 juta KPM ditargetkan menerima bantuan Rp200.000 pada bulan November dan Desember. Namun, rencananya disalurkan sekaligus Rp400.000 di bulan November 2023 ini.

Cara Cek Penerima BLT El Nino 2023:

Baca Juga: BLT El Nino 2023: Siapa yang Berhak Mendapatkannya?

Ada dua cara cek penerima BLT El Nino 2023, yaitu melalui cekbansos.kemensos.go.id dan Aplikasi Cek Bansos.

Halaman:

Editor: Dini Novianti Rahayu


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah