Stok AS Melonjak Drastis, Harga Minyak Dunia Kembali Jatuh

- 11 September 2020, 09:26 WIB
Ilustrasi kilang minyak.
Ilustrasi kilang minyak. /Pixabay/jp26jp

PR DEPOK – Harga minyak dunia kembali mengalami perubahan terbarunya yang disebabkan oleh sejumlah faktor.

Dikutip oleh pikiranrakyat-depok.com dari Kantor Berita ANTARA harga minyak mentah jenis Brent untuk pengiriman November misalnya turun 73 sen atau 1,8 persen ke level 40,06 dollar AS per barel di London ICE Futures Exchange pada akhir perdagangan Kamis, 10 September 2020 waktu setempat atau Jumat, 11 September 2020 WIB pagi.

Sementara itu, minyak mentah jenis West Texas Intermediate (WTI) untuk pengiriman Oktober turut alami penurunan sebanyak 75 sen atau 2,0 persen ke level 37,30 dollar AS per barel di New York Mercantile Exchange pada sesi perdagangan yang sama.

Baca Juga: Kasus Covid-19 Kian Meningkat, Pemkot Bandung Akan Kaji Kembali Pemberlakuan PSBB

Berdasarkan laporan tersebut, harga minyak dunia mengalami penurunan setelah data menunjukan peningkatan stok minyak mentah di Amerika Serikat (AS) yang dinilai mengejutkan pada pekan lalu.

Sebagian data itu, masih berkaitan dengan pengurangan yang tengah berlangsung pada sejumlah kilang di Teluk Meksiko akibat Badai Laura.

Energy Information and Administration (EIA) mengatakan persediaan minyak mentah naik dua juta barel pekan lalu.

Baca Juga: Jadwal Pemadaman Listrik Kota Depok Jumat 11 September 2020, Mulai Pukul 9.00 Hingga 14.30 WIB

Hal itu memberikan informasi arah kenaikan tiga juta barel yang dilaporkan oleh American Petroleum Institute (API), namun data tersebut dinilai mengejutkan jika dibandingkan dengan penurunan 1,3 juta barel per hari yang diperkirakan para analis dalam sebuah jajak pendapat oleh Reuters.

"Data minyak mentah hari ini tampak bearish...dengan satu-satunya elemen pendukung adalah fakta bahwa kenaikan dua juta barel kurang dari yang diindikasikan API," kata Presiden Ritterbusch and Associates, Jim Ritterbusch.

Halaman:

Editor: Billy Mulya Putra

Sumber: Permenpan RB


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x