PKH Tahap 1 2024 Kapan Ditransfer? Dana Rp3 Juta per Tahun akan Diterima Masyarakat Kategori Ini

- 13 Januari 2024, 08:49 WIB
Informasi pencairan PKH tahap  2024
Informasi pencairan PKH tahap 2024 /Unsplash/Mufid Majnun

PR DEPOK – Dana PKH tahap 1 2024 siap ditransfer ke rekening. Bantuan uang tunai hingga Rp3 juta akan diterima dua kategori masyarakat berikut ini.

Program Keluarga Harapan atau PKH adalah salah satu bantuan sosial (bansos) regular yang digelontorkan pemerintah pusat melalui Kementerian Sosial (Kemensos). Bansos ini ditujukan bagi masyarakat kurang mampu di seluruh Indonesia.

Tahun ini, PKH kembali disalurkan. Merujuk pada skema penyaluran tahun lalu, bantuan PKH tahap 1 2024 mulai ditransfer ke rekening masing-masing Keluarga Penerima Manfaat (KPM) pada awal tahun.

Baca Juga: Segera Hadir di Indonesia, Intip Spesifikasi Poco X6 dan X6 Pro

Penyaluran PKH via transfer rekening dilakukan dalam enam tahap selama setahun. Penyaluran PKH tahap 1 berlangsung Januari-Februari, tahap 2 pada Maret-April, tahap 3 pada Mei-Juni, tahap 4 pada Juli-Agustus, tahap 5 September-Oktober, dan tahap 6 pada November-Desember.

Untuk PKH tahap 1 2024 sudah masuk periode penyaluran pada Januari-Februari. Jadi masyarakat bisa cek segera status KPM di laman resmi Kementerian Sosial (Kemensos) atau cek saldo bantuan di Bank Himbara (BRI, BNI, BTN, Mandiri).

Penerima PKH terdiri dari tujuh kategori yang mana ibu hamil dan balita menerima Rp3 juta dalam setahun. Lalu, penerima manfaat penyandang disabilitas dan lansia mendapat bantuan Rp2,4 juta per tahun.

Baca Juga: Cair Minggu Ini! Begini Syarat dan Cara Jadi Penerima Rp20 Juta dari Bansos RST Januari 2024!

Sementara kelompok siswa SD menerima bantuan Rp900.000 per tahun, siswa SMP Rp1,5 juta per tahun, dan siswa SMA Rp2 juta per tahun.

Halaman:

Editor: Nur Annisa


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x