Agar Tak Berbenturan, Pakar Ungkap Perbedaan Kelola Uang Pribadi dan Bisnis di Kalangan Pengusaha

- 30 September 2020, 20:17 WIB
Ilustrasi mengatur keuangan.
Ilustrasi mengatur keuangan. /Stevepb/Pixabay

PR DEPOK - Merencanakan keuangan merupakan salah satu kunci dalam mengarungi kehidupan, terlebih dalam kondisi pandemi Covid-19 yang menghantam pada berbagai lini kehidupan.

Para pengusaha tentu memerlukan keahlian mengatur keuangan baik untuk kepentingan pribadi maupun bisnis.

Pakar perencana keuangan Ligwina Hananto menilai terdapat perbedaan besar dalam mengatur keuangan, untuk kepentingan pribadi maupun urusan bisnis yakni pos pengeluaran bulanan.

Lima pos besar pengeluaran bulanan pribadi yang harus diutamakanbyakni cicilan utang, dana harian, menabung, sosial, dan lifestyle.

Baca Juga: Soal Tragedi G30SPKI, Muncul Firasat Buruk MT Haryono Saat Prajurit Tjakrabirawa Datangi Kediamannya

"Kalau di keuangan pribadi itu ada cicilan utang, pengeluaran rutin, menabung, sosial, dan lifestyle. Ini adalah daftar lima pos besar pengeluaran bulanan pribadi kita dengan syarat sudah ada penghasilan," ujar Ligwina.

Mengatur pos pengeluaran pribadi harus dilakukan guna memudahkan sinkronisasi serta tidak bersinggungan dengan bisnis yang dijalankan.

Menurut Ligwina seorang pebisnis wajib memiliki kemampuan untuk dapat mengukur keuangan yang harus diutamakan, terlebih ketika memiliki tambahan penghasilan.

"Kalau nanti sudah punya penghasilan tambahan, kita harus ukur dari penghasilan itu mana yang bisa, mana yang ternyata untuk ongkos bisnis dulu," tuturnya.

Halaman:

Editor: Ahlaqul Karima Yawan

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x