Utang Luar Negeri Indonesia Alami Penurunan, Akhir Triwulan III-2020 Tercatat 408,5 Dolar AS

- 16 November 2020, 15:25 WIB
Ilustrasi utang luar negeri.
Ilustrasi utang luar negeri. /Pixabay/jarmoluk./

PR DEPOK - Utang Luar Negeri (ULN) Indonesia terhitung mengalami penurunan. Menurunnya ULN Indonesia ini dipengaruhi oleh transaksi pembayaran ULN swasta.

Berdasarkan kabar yang dihimpun, posisi ULN Indonesia pada akhir triwuan III-202020 tercatat sebesar 408,5 miliar dolar Amerika Serikat.

Nominal tersebut terdiri dari ULN sektor publik (pemerintah dan bank sentral) 200,2 miliar dolar AS dan sektor swasta (termasuk BUMN) 208,4 miliar dolar AS.

Baca Juga: Klaim Pencegahan, Menhan Pilihan Joe Biden Serukan Penenggelaman Kapal Tiongkok di Wilayah Sengketa

Pertumbuhan ULN Indonesia pada akhir triwulan III-2020 tercatat 3,8 persen (yoy), turun dibandingkan dengan pertumbuhan pada triwulan sebelumnya sebesar 5,1 persen (yoy).

Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi Bank Indonesia (BI) Onny Widjanarko menyampaikan hal tersebut dalam info terbarunya di Jakarta, Senin, 16 November 2020.

Onny menjelaskan pada akhir triwulan III-2020 ULN pemerintah tercatat 197,4 miliar dolar AS atau tumbuh 1,6 persen (yoy), turun dibandingkan dengan pertumbuhan pada triwulan sebelumnya sebesar 2,1 persen (yoy).

Perlambatan pertumbuhan ini sejalan dengan penyesuaian portofolio di pasar SBN Indonesia oleh investor asing akibat masih tingginya ketidakpastian pasar keuangan global.

Baca Juga: Pensiun Januari 2021, IPW Usulkan Kriteria Kandidat Calon Pengganti Kapolri Idham Azis

Halaman:

Editor: Ramadhan Dwi Waluya

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x