Teknik Pomodoro: Tips Manajemen Waktu untuk Produktivitas dan Pengembangan Diri

- 19 Oktober 2023, 21:56 WIB
Inilah penjelasan Teknik Pomodoro untuk manajemen waktu.
Inilah penjelasan Teknik Pomodoro untuk manajemen waktu. /JG/Fanny/Freepik

PR DEPOK - Apakah Anda sering kesulitan melakukan manajemen waktu? Atau susah memaksimalkan produktivitas?

Tenang, ada teknik pomodoro bisa menjadi solusi yang tepat untuk meningkatkan efisiensi kerja serta membuat Anda menjadi pribadi yang lebih baik.

Dalam tulisan ini, Anda dapat mempelajari apa itu teknik pomodoro setra bagaimana anda bisa mengembangkan diri dan menjadi lebih produktif dengan manajemen waktu ala teknik asal Italia ini.

Baca Juga: Daftar 4 Bansos yang Cair Oktober 2023, Masyarakat Kategori Ini Pasti Dapat

Apa Itu Teknik Pomodoro

Teknik pomodoro merupakan salah satu teknik manajemen waktu yang dirancang oleh Francesco Cirillo pada akhir tahun 1980-an. Nama teknik ini diambil dari kata pomodoro yang artinya tomat dalam bahasa Italia. Lantas, mengapa teknik ini dinamai seperti bahan masak tersebut?

Penamaannya demikian karena Francesco Cirillo menggunakan alat pewaktu dapur yang berbentuk tomat untuk mengatur waktunya saat belajar di perguruan tinggi. Konsep dasar dari teknik Pomodoro adalah membagi waktu menjadi periode kerja dan istirahat yang sudah ditentukan sebelumnya.

Baca Juga: 5 Hotel di Guci Tegal untuk Kamu Si Paling Healing

Penerapan Teknik Pomodoro

Cara kerja teknik pomodoro ini adalah dengan membagi waktu menjadi beberapa blok kerja selama 25 menit. Blok kerja tersebut nantinya yang akan disebut sebagai "Pomodoro". Setelah setiap Pomodoro, Anda perlu mengambil waktu istirahat singkat selama 5 menit sebelum melanjutkan ke pomodoro berikutnya.

Nah, Setelah 4 siklus pomodoro, barulah Anda dapat mengambil istirahat yang lebih panjang. Biasanya selama 15 hingga 30 menit. Untuk lebih mendisiplinkan diri terhadap waktu, anda perlu menyetel timer sebagai pengingat kapan anda istirahat dan kapan anda mulai bekerja.

Halaman:

Editor: Dini Novianti Rahayu


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah