Disdik Depok Apresiasi Program OC untuk Meningkatkan Kualitas Pelajar

- 24 Februari 2020, 16:05 WIB
ILUSTRASI Ujian Nasional. Para siswa mengerjakan soal Bahasa Indonesia, saat mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di SMPN 2 Bandung, Jalan Sumatera, Kota Bandung, Senin 23 April 2018.*

PIKIRAN RAKYAT - Kata belajar bagi siswa terkadang masih menjadi kata yang menakutkan untuk sebagian siswa. Hal ini dapat terlihat dari antusiasme dalam mengikuti pembelajaran masih rendah. Bahkan, daya kreatif, dan inovatif peserta didik terhadap lingkungan juga masih rendah.

Dikutip oleh pikiranrakyat-depok.com dari situs resmi Pemkot Depok hal tersebut bisa terjadi karena suatu pembelajaran pada umumnya dilakukan hanya di dalam ruangan kelas, sehingga membuat siswa menjadi bosan.

Guru sangat berperan penting dalam dunia pendidikan dan menciptakan generasi-generasi muda mendatang yang lebih cerdas dan berwawasan tinggi, yang akan membawa bangsa Indonesia menjadi bangsa yang diperhitungkan dalam dunia pendidikan.

Baca Juga: Fasilitasi Irigasi 11.950 Hektare Sawah di Aceh, Kementerian PUPR Targetkan Bendungan Rukoh Rampung 2022

Tetapi pada saat ini, banyak guru yang tidak mau melakukan inovasi-inovasi terhadap dunia pendidikan dan hanya mengajar secara konvensional yang membuat peserta didik tidak menikmati pembelajaran.

Inovasi-inovasi tersebut dapat diaktualisasikan dalam metode pengajaran. Metode pengajaran yang aktif, kreatif, inovatif dan menyenangkan sangat dibutuhkan dalam era saat ini.

Di zaman seperti sekarang dimana teknologi dapat menjadi salah satu penunjang dalam pembelajaran. Kini telah hadir metode pembelajaran yang dilakukan secara online. Tetapi, metode pembelajaran tersebut, hanya bisa dilakukan oleh beberapa siswa tertentu saja.

Baca Juga: Hugh Jackman Kirim Pesan Dukungan pada Anak Malang Quaden Bayles yang Dibully

Akses internet masih menjadi kendala di beberapa wilayah, sehingga metode pembelajaran secara online ini dinilai masih belum efektif. Perlu adanya metode pembelajaran lain yang bisa menumbuhkan semangat belajar dan tentunya bisa menambah wawasan selain yang didapatkan di ruang kelas.

Salah satu metode pembelajaran yang melibatkan siswa, guru dan lingkungan sekitar adalah metode outing class.

Halaman:

Editor: Billy Mulya Putra

Sumber: Pemkot Depok


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

Pikiran Rakyat Media Network

X