Pemerintah Jamin Kelistrikan Rumah Sakit selama Tangani Covid-19

- 25 Maret 2020, 19:29 WIB
WISMA Atlet di Kemayoran, Jakarta, Kamis 19 Maret 2020. Presiden Joko Widodo memerintahkan Menteri BUMN Erick Thohir dan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono segera menyiapkan Wisma Atlet sebagai tempat pelayanan kesehatan bagi pasien yang terjangkit virus corona.*

PIKIRAN RAKYAT - Pemerintah melalui Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) memastikan layanan publik terkait pasokan listrik, bahan bakar minyak (BBM), dan LPG tetap berjalan normal.

Hal ini dilakukan demi mendukung penanganan wabah virus corona atau Covid-19, terutama untuk masyarakat agar tetap di rumah saja.

Sementara itu, Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi dan Kerja Sama Kementerian ESDM, Agung Pribadi mengatakan kendala pasokan listrik rumah sakit rujukan penanganan Covid-19 sudah dijamin.

“Salah satunya kelistrikan, keandalan pasokan listrik rumah sakit rujukan penanganan Covid-19 di Jakarta dan sekitarnya dipastikan berjalan dengan baik,” kata Agung di Jakarta pada Selasa, 24 Maret 2020.

Baca Juga: BREAKING NEWS: Ibunda Presiden Joko Widodo Meninggal Dunia di Solo 

loading...

Selain memastikan ketersediaan pasokan listrik, PLN juga akan memberikan bantuan supervisi instalasi listrik milik pelanggan rumah sakit agar pasokan listrik selalu tersedia dan andal.

Selanjutnya, menurut General Manager PLN Unit Induk Distribusi Jakarta Raya, M. Ikhsan Asaad mengungkapkan SOP yang diterapkan terhadap rumah sakit besar dalam menangani wabah Covid-19.

Prosedur tersebut antara lain sistem kelistrikan yang dipasok dari dua sumber sehingga apabila sumber listrik utama mengalami gangguan maka langsung dipindahkan ke sumber listrik cadangan.

“Jaringan pemasok rumah sakit, kantor pemerintah fasilitas lain yang menjadi bagian vital untuk siaga Penanganan Covid-19. Ini kita buat siaga dengan dua sumber dari gardu yang berbeda, sumber utama dan sumber cadangan, bebannya pun dimonitor berkala setiap 3 jam,” tutur Ikhsan.

Halaman:

Editor: M Bayu Pratama

Sumber: setkab

Artikel Terkait

Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

Pikiran Rakyat Media Network

X