UI Kembangkan Alat Disinfektan Sinar UV Cegah Penyebaran Virus Corona

- 28 Maret 2020, 12:10 WIB
Alat Disinfektak Sinar UV Buatan UI Antara

PIKIRAN RAKYAT - Sebagai upaya pencegahan penyebaran virus corona, Tim Peneliti Universitas Indonesia (UI) dari Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA UI) mengembangkan 2 prototipe alat untuk membunuh sumber penyakit berupa virus dan bakteri dengan sinar ultraviolet (UV).

Dikutip oleh pikiranrakyat-depok.com dari Antara, menurut Wakil Rektor Bidang Riset dan Inovasi UI, Abdul Haris mengatakan bahwa penanganan pandemi COVID-19 adalah tanggug jawab bersama seluruh anak bangsa.

Kedua alat yang dikembangkan tersebut yaitu alat yang dipegang di tangan (hand held sterilizer) dan alat yang ditempel di dinding (room sterilizer) yang khusus dirancang untuk keperluan medis.

Baca Juga: Praktisi Kesehatan UI Paparkan Cara Membaca Hasil Rapid Test Virus Corona

"Alat ini akan sangat membantu rumah sakit yang saat ini kewalahan mendapatkan alat bantu disinfektan akibat kelangkaan maupun karena melambungnya harga disinfektan cair ditengah wabah virus COVID-19," katanya.

Dirinya menambahkan, pihaknya berupaya mengerahkan tim ahli dan peneliti di lingkungan UI untuk bersama-sama mengembangkan instrumen yang bisa membantu tenaga kesehatan dalam menjalankan tugasnya ditengah pandemi yang melanda di Indonesia saat ini.

Abdul juga menjelaskan bahwa instrumen disinfektan menggunakan sinar UV ini dikembangkan oleh peneliti FMIPA UI serta menggandeng peneliti lainnya dari Fakultas Kedokteran (FK), Fakultas Ilmu Keperawatan (FIK) di bawah koordinasi Direktorat Inovasi UI dan Science Techno Park UI.

Baca Juga: Wali Kota Depok Ajak Warganya Berpartisipasi dalam Earth Hour Malam Ini

"Saat ini tengah disiapkan enam unit prototipe dan kedua alat tersebut akan diuji coba di Rumah Sakit Universitas Indonesia (RSUI)," ujarnya.

Menurutnya, pengembangan prototipe instrumen oleh tim peneliti UI ini merujuk kepada hasil penelitian tentang efektivitas gelombang UV C yang mampu membunuh spora, bakteri, beragam tipe jamur, cendawan, protozoa, dan beberapa tipe virus lainnya.

Halaman:

Editor: Billy Mulya Putra

Sumber: Antara


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

Pikiran Rakyat Media Network

X