Bansos PKH Tahap 2 Kembali Cair di Bulan Ramadhan, Simak! Ini Cara Cek Pencairan Dana PKH

- 20 April 2021, 13:28 WIB
Bansos PKH Tahap II untuk 9.074.584 KPM Cair, Berikut Syarat dan Kriteria Mendapatkannya.
Bansos PKH Tahap II untuk 9.074.584 KPM Cair, Berikut Syarat dan Kriteria Mendapatkannya. /ANTARA/Wahyu Putro A

PR DEPOK – Di bulan Ramadhan, pemerintah melalui Kementerian Sosial (Kemensos) kembali mencairkan bantuan sosial tunai Program Keluarga Harapan (PKH) Tahap II.

Program bansos Keluarga Harapan (PKH) adalah salah satu upaya pemerintah dalam percepatan penanggulangan kemiskinan. Program Perlindungan Sosial yang juga dikenal di dunia internasional dengan istilah Conditional Cash Transfers (CCT) ini terbukti cukup berhasil dalam menanggulangi kemiskinan yang dihadapi di negara-negara tersebut, terutama masalah kemiskinan kronis.

Program Keluarga Harapan yang selanjutnya disebut PKH adalah program pemberian bantuan sosial bersyarat kepada Keluarga Miskin (KM) yang ditetapkan sebagai keluarga penerima manfaat PKH, bantuan ini kembali disalurkan April 2021 sebesar Rp6,53 triliun, yang didistribusikan awal Ramadhan 1442 Hijriah.

Baca Juga: Update Kontrak, Jose Mourinho Meninggalkan Tottenham Hotspur Dari Kursi Kepelatihan

Mengenai jadwal pencairan PKH disalurkan per triwulan. Artinya, yang sudah disalurkan di Januari 2021 ini peruntukan Januari, Februari dan Maret. Dan kembali disalurkan pada April 2021 ini diperuntukan April, Mei dan Juni.

Total pencairan bansos PKH sudah mencapai Rp15,35 triliun, yang diharapkan dapat meningkatkan daya beli masyarakat di tengah tren kenaikan harga kebutuhan bahan pokok pada bulan puasa ini.

"Pencairan bantuan ini untuk Tahap II, kebetulan bulan April. Jadi pas bersamaan dengan awal puasa,” kata Menteri Sosial Tri Rismaharini seperti dilansir dari Antara Selasa, 20 April 2021.

Baca Juga: Gus Yaqut Sebut PKB Partai Paling Solid Dunia Akhirat, Bantah Isu Musyawarah Luar Biasa

Alasan Bansos PKH dicairkan di bulan puasa menurut Mensos Risma karena kebutuhan rumah tangga meningkat saat bulan Ramadhan dibandingkan dengan hari - hari biasa. Misalnya untuk memenuhi kebutuhan sahur maupun buka puasa, untuk membeli takjil atau beli makanan tambahan lainnya.

Halaman:

Editor: Muhamad Gilang Priyatna

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x