Mendagri Ingin Implementasi APBD Tingkatkan Ekonomi Kuartal II dan Kendalikan serta Cegah Covid-19

- 28 Mei 2021, 13:05 WIB
Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian.
Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian. /Instagram.com/@titokarnavian

PR DEPOK – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) RI, Tito Karnavian mengadakan kunjungan kerja ke daerah demi melihat langsung implementasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2021.

Hal ini dilakukan demi meningkatkan pertumbuhan ekonomi kuartal II dan pengendalian serta pencegahan Covid-19.

Mendagri mengadakan kunjungan ke Provinsi Kalimantan Tengah pada sebuah acara diskusi yang dilaksanakan luring dan daring.

“Saya berkunjung ke Provinsi Kalimantan Tengah untuk berdiskusi secara langsung dan virtual dengan daerah, dan kabupaten kota (mengenai) dua hal, yakni soal realisasi belanja, APBD 2021 dan penanganan Covid-19,” ucap Mendagri dikutip Pikiranrakyat-depok.com dari ANTARA pada Kamis, 27 Mei 2021 kemarin.

Baca Juga: Sambut Baik Hasil Pengujian Vaksin AstraZeneca CTMAV547, Kemenkes: Vaksinasi Nasional Bisa Kembali Dilanjutkan

Pertumbuhan ekonomi Indonesia secara kumulatif sendiri mengalami hambatan dan terkontraksi senilai 0,74 persen pada year on year (yoy).

Kondisi ini pun diharapkan segera membaik pada kuartal II 2021 sejalan dengan pengendalian dan pencegahan Covid-19 yang sudah mulai dilakukan dengan proses vaksinasi dan pembatasan aktivitas.

“Kita harapkan belanja pemerintah pusat atau daerah secara agregat atau secara akumulatif secara total terutama kuartal kedua ini dapat mempercepat realisasi untuk memulihkan ekonomi kita,” tutur Mendagri.

Hal ini menurutnya sejalan dengan perintah Presiden Joko Widodo terkait proyeksi pertumbuhan ekonomi Indonesia yang diharapkan naik tujuh persen pada kuartal II 2021.

Halaman:

Editor: Muhamad Gilang Priyatna

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x