Cara Melihat Sertifikat Pelatihan Kartu Prakerja di prakerja.go.id

- 2 Juli 2022, 11:56 WIB
Berikut ini penjelasan mengenai cara melihat sertifikat pelatihan Kartu Prakerja di prakerja.go.id bagi peserta yang lolos seleksi.
Berikut ini penjelasan mengenai cara melihat sertifikat pelatihan Kartu Prakerja di prakerja.go.id bagi peserta yang lolos seleksi. /Dok. prakerja.go.id.

PR DEPOK – Bagaimana cara melihat sertifikat pelatihan Kartu Prakerja? Peserta yang lolos seleksi bisa bacara artikel ini hingga tuntas.

Sebagai permulaan, cara melihat sertifikat pelatihan Kartu Prakerja dapat dilakukan peserta yang lolos dengan akses prakerja.go.id.

Nantinya, setelah memahami cara melihat sertifikat pelatihan Kartu Prakerja di prakerja.go.id, peserta bisa mengunduhnya untuk kebutuhan masing-masing.

Perlu diketahui, peserta yang telah menyelesaikan pelatihan Kartu Prakerja harus mengisi ulasan untuk agar bisa mendapatkan sertifikat pelatihan.

Baca Juga: Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 35 Bakal Lanjut Bulan Juli 2022? Simak Penjelasannya

Dibutuhkan juga waktu paling lama 1 hari kerja setelah laporan penyelesaian pelatihan Kartu Prakerja diterima.

Lalu, Manajemen Pelaksana memberikan sertifikat pelatihan kepada para peserta. Adapun cara melihat sertifikat pelatihan Kartu Prakerja yakni sebagai berikut.

Lantas bagaimana cara melihat sertifikat pelatihan Kartu Prakerja? Segera akses prakerja.go.id dan ikuti langkah-langkah di bawah ini.

1. Login ke dashboard akun Kartu Prakerja

2. Klik "Cari Pelatihan" pada menu utama dashboard

Baca Juga: Insentif Kartu Prakerja Gelombang 34 Bisa Gagal Cair, Ini Penyebabnya, dan Solusi yang Perlu Dilakukan

3. Klik "Riwayat Pelatihan"

4. Cek pelatihan yang telah diselesaikan

5. Lihat pada bagian "Plaform Digital", apakah terdapat tulisan "Sertifikat" atau tidak

6. Apabila ada, klik tulisan "Sertifikat" untuk mengunduhnya.

Sebagai informasi tambahan, sertifikat pelatihan Kartu Prakerja yang diunduh nanti akan diterima peserta dalam bentuk pdf.

Baca Juga: Simak Cara Cek Bansos Online yang Cair Juli 2022, Masukkan Data KTP ke Link Berikut untuk Dapat PKH atau BPNT

Peserta dapat menyimpan sertifikat pelatihan Kartu Prakerja tersebut untuk digunakan sesuai kebutuhan.

Bila telah mendapatkan sertifikat pelatihan, Manajemen Pelaksana Kartu Prakerja akan memberikan jadwal pencairan insentif Kartu Prakerja Rp2,4 juta.

Adapun jadwal pencairan insentif sebesar Rp2,4 juta akan diberikan paling lama 7 hari kerja setelah peserta mendapatkan sertifikat pelatihan Kartu Prakerja.

Insentif Kartu Prakerja Rp2,4 juta akan dicairkan dalam 4 tahap pencairan, di mana setiap tahapnya akan diberikan sebesar Rp600.000 melalui Bank Himbara atau e-Wallet.

Baca Juga: Cara Mudah Cek Nama Penerima BPNT Juli 2022, Hanya Pakai HP Bisa Cairkan Bansos Rp200 Ribu

Untuk mengetahui jadwal pencairan insentif Kartu Prakerja bisa dilihat pada menu "Insentif" di dashboard akun masing-masing.

Demikian ulasan mengenai cara melihat sertifikat pelatihan Kartu Prakerja secara online melalui prakerja.go.id.***

Editor: Ramadhan Dwi Waluya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah