Update Nama Penerima BPNT Juli 2022 Bisa Lewat Link Ini, Siapkan Dokumen Berikut tuk Ambil Bantuan Sembako

- 7 Juli 2022, 07:45 WIB
Ilustrasi - Siapkan dokumen berikut untuk update nama penerima BPNT Juli 2022 bisa dilakukan lewat link cekbansos.kemensos.go.id.
Ilustrasi - Siapkan dokumen berikut untuk update nama penerima BPNT Juli 2022 bisa dilakukan lewat link cekbansos.kemensos.go.id. /Dok. Kemensos./Dok Kemensos.

PR DEPOK - Pemerintah melalui Kemensos masih melanjutkan penyaluran sejumlah bansos pada Juli 2022 ini, termasuk Bantuan Pangan Non-Tunai atau BPNT.

BPNT yang bakal cair Juli 2022 ini diberikan kepada penerima yang namanya bisa di-update lewat link resmi Kemensos.

Masyarakat bisa langsung akses cekbansos.kemensos.go.id untuk update nama penerima BPNT Juli 2022 di link Kemensos tersebut.

Jika nama tersebut muncul setelah update penerima BPNT Juli 2022, maka segera siapkan KTP dan KK jika bantuan sembako disalurkan di Kantor Pos.

Baca Juga: Nama Penerima Bansos Cair Juli 2022 Ada di Link Berikut, Segera Cek Pakai Data KTP

Perlu diketahui, update nama penerima BPNT Juli 2022 lewat link cekbansos.kemensos.go.id, masyarakat hanya perlu akses situs khusus tersebut cukup pakai nama KTP.

Berikut cara update nama penerima BPNT Juli 2022 lewat link cekbansos.kemensos.go.id cukup pakai nama KTP.

Langkah pertama yang perlu dilakukan yakni segera akses cekbansos.kemensos.go.id menggunakan HP yang tersambung internet.

Setelah itu, masukkan alamat berupa nama Provinsi atau Kota, Kabupaten atau Desa. Lalu input nama yang tertera di KTP.

Baca Juga: BPNT Juli 2022 Cair di Kantor Pos, Pakai KTP untuk Cek Penerima Bansos Rp200.000 di cekbansos.kemensos.go.id

Langkah berikutnya, tulis huruf kode yang tertera dalam kotak. Ulangi jika kode kurang jelas. Selanjutnya klik "Cari Data".

Sistem bakal mencocokkan nama dan alamat yang dimasukkan dengan database yang ada di DTKS Kemensos.

Apabila nama yang dimasukkan muncul usai update nama penerima BPNT Juli 2022, maka bakal muncul keterangan wilayah, jenis bansos, dan status bantuan cair pada periode kapan.

BPNT sendiri merupakan program bantuan pangan non-tunai yang disalurkan pemerintah melalui Kemensos rutin setiap bulan kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

Baca Juga: Pahami Bagian Hewan Kurban yang Sebaiknya Tidak Dikonsumsi jika Baru Diketahui Terpapar PMK

Adapun besaran BPNT, termasuk yang bakal dicairkan Juli 2022 yakni Rp200.000 setiap bulan per penerima atau setara Rp2,4 juta dalam setahun.

Sehingga, nama yang muncul saat di-update di cekbansos.kemensos.go.id maka berhak mencairkan bantuan sembako senilai Rp200.000 tersebut.

Terkait penyaluran BPNT Juli 2022, Kemensos belum memberikan informasi bantuan sembako tersebut bakal dicairkan kapan dan lewat lembaga penyalur mana.

Namun, apabila BPNT Juli 2022 disalurkan lewat Kantor Pos, maka penerima harus membawa dokumen berupa KK dan KTP asli beserta salinannya.

Baca Juga: Masukkan NIK KTP ke Sini untuk Dapatkan Uang Tunai Total Rp3 Juta dari Kemensos yang Sedang Cair

Selain itu, penerima BPNT Juli 2022 juga wajib membawa udangan pengambilan bantuan yang sebelumnya telah diberikan.

Adapun pemerintah menyalurkan program BPNT tak lain untuk membantu memenuhi kebutuhan pangan penerima yang merupakan masyarakat dari golongan kurang mampu.

Uang BPNT Juli 2022 yang sudah dicairkan penerima bisa langsung dibelanjakan kebutuhan pangan berupa beras, telur, ayam, daging, dan buah di agen atau e-waroeng yang sebelumnya telah ditunjuk Kemensos.

Dengan digulirkannya bantuan sembako Rp200.000 per bulan melalui program BPNT, pemerintah dan Kemensos berharap kebutuhan pangan dan gizi masyarakat penerima bisa terpenuhi.***

Editor: Ramadhan Dwi Waluya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah