BPNT Cair Lagi Agustus 2022 Usai Input NIK KTP ke Sini, Hubungi Nomor Berikut jika Tak Dapat Bansos

- 4 Agustus 2022, 07:01 WIB
BPNT Agustus 2022 bisa didapat dengan input NIK KTP ke aplikasi Cek Bansos. Segera hubungi nomor pengaduan Kemensos jika tak dapat bantuan
BPNT Agustus 2022 bisa didapat dengan input NIK KTP ke aplikasi Cek Bansos. Segera hubungi nomor pengaduan Kemensos jika tak dapat bantuan /Pixabay/EmAji

PR DEPOK - BPNT Agustus 2022 cair lagi usai input NIK KTP ke aplikasi Cek Bansos, segera hubungi nomor pengaduan Kemensos jika tak dapat bansos.

Diketahui bersama, penyaluran BPNT masih terus dilanjutkan hingga Agustus 2022 senilai Rp200.000 kepada KPM atau Keluarga Penerima Manfaat.

Bagi masyarakat yang ingin mendapat manfaat BPNT 2022 senilai Rp200.000 dari Kemensos, harus daftar terlebih dahulu sebagai penerima di aplikasi Cek Bansos, cukup dengan input NIK KTP.

Baca Juga: Polri Resmi Tetapkan Bharada E sebagai Tersangka Tewasnya Brigadir J

Jika usai input NIK KTP ke aplikasi Cek Bansos dan memenuhi syarat dapat BPNT Agustus 2022 tapi tak dapat bansos, calon KPM bisa menghubungi nomor pengaduan Kemensos.

Perlu diketahui, BPNT sendiri merupakan program bansos dalam bentuk saldo yang diberikan pemerintah melalui Kemensos kepada masyarakat miskin untuk membantu ketahanan pangan.

Dengan adanya program BPNT ini, masyarakat miskin yang masuk sebagai KPM, bisa dapat bansos reguler Rp200.000 yang bisa dicairkan tiap bulan atau setara Rp2,4 juta sepanjang tahun.

Baca Juga: Prakiraan Cuaca Depok Kamis, 4 Agustus 2022: Hujan dengan Intensitas Beragam Berlangsung Siang hingga Malam

Saldo BPNT Agustus 2022 ini nantinya bisa dimanfaatkan untuk membeli sembako berupa beras, telur, ayam, daging hingga buah di e-warong.

Agar bisa dapat BPNT Agustus 2022 dari Kemensos, masyarakat bisa daftar online hanya input NIK KTP ke Aplikasi Cek Bansos.

Cara Daftar BPNT Online

1. Tahap awal, siapkan KTP dan HP untuk mengunduh aplikasi Cek Bansos di Play Store atau App Store

Baca Juga: Cek Bansos BPNT Online Lewat HP di Link cekbansos.kemensos.go.id

2. Jika sudah, segera masuk ke aplikasi lalu pilih menu daftar usulan dengan input NIK KTP. Dalam tahap ini, masyarakat bisa mendaftarkan diri, keluarga, atau tetangga sebagai KPM 

3. Tahap berikutnya, pilih menu tambah usulan

4. Setelah itu, sistem secara otomatis bakal mencocokkan nama, data NIK, data KK, status kesesuaian Dukcapil, dan kesesuaian pengusul sesuai data DTKS Kemensos

5. Langkah selanjutnya yakni pilih bansos BPNT

Baca Juga: Termasuk Obat Herbal, Habbatusauda Punya Banyak Manfaat bagi Kesehatan Tubuh

Jika proses daftar di aplikasi Cek Bansos sudah selesai, masyarakat perlu menunggu pengumuman dari Kemensos.

Jika NIK KTP yang didaftarkan ditetapkan sebagai penerima BPNT Agustus 2022, dia bisa memastikan statusnya dengan mengakses link cekbansos.kemensos.go.id.

Cara Cek Penerima BPNT Agustus 2022

1. Langkah pertama, siapkan KTP dan HP yang terhubung ke internet lalu akses situs resmi cekbansos.kemensos.go.id

Baca Juga: Renatos Sanches Resmi Berlabuh ke PSG, AC Milan Gigit Jari?

2. Jika sudah masuk, segera pilih wilayah yang berupa nama Provinsi/Kabupaten/Kota, Kecamatan dan Desa atau Kelurahan

3. Langkah selanjutnya, input data diri berupa NIK dan nama lengkap sesuai KTP

4. Kemudian, ketik ulang 8 huruf kode dipisahkan spasi yang disediakan dalam kotak. Ulangi jika kurang jelas.

5. Langkah terakhir, yakni segera klik tombol "Cari Data" yang bakal menampilkan sejumlah keterangan yang ingin diperoleh yakni berupa nama, jenis bantuan, periode bansos, dan status salur bantuan.

Baca Juga: Ramalan Zodiak Karier dan Keuangan Cancer, Leo, dan Virgo, Kamis, 4 Agustus 2022: Kerja Keras Akan Terbayar

Jika data KTP yang dicek ke cekbansos.kemensos.go.id muncul, itu tandanya Anda sudah tercatat sebagai KPM.

Anda bisa segera ambil BPNT Agustus 2022 di agen yang telah ditunjuk atau Kantor Pos sesuai ketentuan Kemensos jika kementrian telah mengumumkan bahwa bansos sudah bisa diambil.

Akan tetapi, jika usai input NIK KTP ke aplikasi Cek Bansos dan memenuhi syarat dapat BPNT Agustus 2022 tapi bansos tidak cair, maka masyarakat bisa segera lapor ke layanan pengaduan resmi Kemensos.

Masyarakat bisa melakukan pengaduan ke Kemensos yakni melalui WhatsApp di nomor 0811-1022-210 dengan format: Nama lengkap (spasi) Nomor KTP (spasi) Alamat lengkap (spasi) Aduan.***

 

Editor: Nur Annisa


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah