Cek Penerima BSU Tahap 6, Siap Cair ke Pekerja yang Penuhi Syarat Ini, PHK Termasuk?

- 19 Oktober 2022, 09:58 WIB
Berikut ini merupakan penjelasan tentang arti dari status Calon Penerima dalam BSU 2022 bagi para pekerja.
Berikut ini merupakan penjelasan tentang arti dari status Calon Penerima dalam BSU 2022 bagi para pekerja. /Tangkap layar kemnaker.go.id

PR DEPOK – Bagi yang sudah mendaftarkan diri di web Kemnaker buka HP yang terkoneksi dengan internet lalu login menggunakan email atau nomor telepon dan password di akun Kemnaker.go.id untuk cek status penerima atau penyaluran BSU tahap 6.

Apabila belum memiliki akun, maka daftarkan diri terlebih dahulu dengan mengunjungi website Kemnaker dan lengkapi profil, berupa foto, status pernikahan dan lokasi, ikuti arahan pendaftaran yang tertera di website.

Pemerintah melalui (Kemnaker) masih menggulirkan BSU 2022 atau BLT subsidi gaji Rp600,000 kepada para pekerja yang telah memenuhi syarat-syarat menurut aturan Kemnaker.

Dana BSU tahap 5 sudah disalurkan sejak 13 Oktober 2022, dan hari ini BSU tahap 6 siap cair kembali kepada para penerima manfaat.

Baca Juga: Cara Mudah Cek Status Penerima BSU, Pekerja Bisa Dapat Rp600.000 dari Program Subsidi Gaji

Terdapat tiga proses penyaluran dana BSU tahap 6 diantaranya, 'verifikasi data,' calon penerima dan 'tersalurkan,' apabila pekerja menerima notif centang hijau itu tandanya dana BSU tahap 6 telah cair ke rekening pekerja.

Tapi tidak sembarang dana BSU tahap 6 atau BLT subsidi gaji Rp600,000 diterima oleh pekerja, pasalnya hanya pekerja atau buruh yang memenuhi syarat-syarat dibawah ini saja bisa mendapatkan BSU tahap 6, berikut lebih lengkapnya:

1. Negara Indonesia yang dibuktikan dengan kepemilikan NIK
2. Punya kartu BPJS Ketenagakerjaan aktif dari Juli 2022
3. Mempunyai Gaji atau Upah maksimal Rp3.5 juta.
4. Diutamakan yang bekerja pada sektor industri barang konsumsi, transportasi, aneka industri, properti dan real estate.
5. Bukan golongan PNS, TNI hingga Polri.
6. Bukan penerima jenis bansos dari PKH hingga Kartu Prakerja.

Baca Juga: BSU 2022 Cair untuk Pekerja yang Tidak Punya Rekening Bank Himbara, Cek Nama Sekarang di kemnaker.go.id

Halaman:

Editor: Rahmi Nurfajriani


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah