Apa Itu BPNT? Simak Penjelasan, Besaran Dana, Lengkap dengan Cara Cek Nama Penerima

- 19 Oktober 2022, 14:13 WIB
Simak informasi pencairan BPNT Oktober 2022 beserta dengan besaran dana dan juga cara cek penerimanya.
Simak informasi pencairan BPNT Oktober 2022 beserta dengan besaran dana dan juga cara cek penerimanya. /Dok. Kemensos/

PR DEPOK - Penjelasan mengenai apa itu bantuan BPNT bisa Anda simak penjelasannya, serta cara mudah cek nama penerima bansos Rp200.000 yang cair bulan Oktober 2022.

Melalui Kementerian Sosial (Kemensos), pada bulan Oktober 2022 Pemerintah Indonesia masih terus menyalurkan beberapa program bansos seperti PKH, BLT BBM, PBI JK hingga BPNT Kartu Sembako.

Dengan adanya penyaluran Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) ini, diharapkan dapat membantu meringankan beban biaya kebutuhan pokok rumah tangga masyarakat kurang mampu di Indonesia.

Baca Juga: PKH Tahap 4 Cair Sampai Kapan? Intip Jadwal Pencairan dan Cara Cek Online Penerimanya di Sini

Untuk masyarakat yang merupakan salah satu penerima BPNT Kartu Sembako, masyarakat akan mendapatkan dana bantuan senilai Rp200.000, setiap namanya keluar sebagai penerima bansos tersebut.

Tetapi, tidak semua masyarakat bisa menjadi salah satu penerima BPNT Kartu Sembako, karena sebelumnya harus terdaftar dalam DTKS Kemensos, untuk verifikasi data diri lebih lanjut.

Masyarakat yang ingin melakukan pendaftaran DTKS Kemensos, masyarakat bisa melakukannya dengan dua cara yaitu secara online atau secara langsung, melalui Dinsos (Dinas Sosial), Kecamatan/Kelurahan, RT/RW setempat.

Baca Juga: Cara Daftar Kartu Prakerja Online untuk Dapat Uang Insentif Rp600.000

Untuk pendaftaran DTKS Kemensos secara online, masyarakat hanya membutuhkan HP yang terkoneksi dengan jaringan Internet lancar, untuk mendownload aplikasi "Cek Bansos" di Google Playstore, dan mengisi data diri yang diminta nantinya.

Halaman:

Editor: Nur Annisa


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah