Cara Cek Bansos 2023 Online Lewat HP Hanya Pakai KTP

- 25 Desember 2022, 13:06 WIB
Ilustrasi - Berikut cara cek bansos 2023 secara online lewat HP pakai KTP di cekbansos.kemensos.go.id untuk dapat bantuan PKH atau BPNT tahun depan dari pemerintah.
Ilustrasi - Berikut cara cek bansos 2023 secara online lewat HP pakai KTP di cekbansos.kemensos.go.id untuk dapat bantuan PKH atau BPNT tahun depan dari pemerintah. /Irsan Mulyadi/ANTARA/

PR DEPOK - Bantuan sosial (bansos) untuk tahun 2022 akan segera berakhir dan Kementerian Sosial (Kemensos) kemungkinan melanjutkan beberapa program bantuan seperti Program Keluarga Harapan (PKH) dan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) pada 2023 mendatang. 

Kedua bansos tersebut disalurkan Kemensos kepada keluarga dengan kriteria miskin atau rentan miskin yang terdaftar di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS). Bagi yang penasaran dapat melakukan cek bansos 2023 secara online melalui laman resmi cekbansos.kemensos.go.id. 

Baca artikel ini untuk mengetahui cara cek bansos 2023 secara online lewat handphone (HP) di laman cekbansos.kemensos.go.id. 

Pengecekkan bansos 2023 tersebut terbilang mudah lantaran hanya memanfaatkan koneksi internet di perangkat HP dan Kartu Tanda Penduduk (KTP) sebagai rujukan data. 

Baca Juga: Cara Daftar BPNT 2023 Online Lewat HP untuk Dapat Bantuan Rp200.000 Tiap Bulan

Sebelum lebih jauh membahas cara cek bansos 2023, perlu diketahui bahwa bansos PKH dan BPNT cukup berbeda dari segi syarat dan penyalurannya. 

Meski keduanya sama-sama diberikan kepada keluarga miskin, tetapi bansos PKH menyasar kategori khusus seperti ibu hamil, anak usia dini 0-6 tahun, anak sekolah, penyandang disabilitas berat dan lanjut usia (lansia). 

Sedangkan BPNT atau biasa disebut Kartu Sembako disalurkan secara umum kepada keluarga miskin untuk membeli keperluan pokok dari mulai beras, telur, daging dan lain-lain. 

Baca Juga: Login cekbansos.kemensos.go.id untuk Cek PKH dan BLT BBM Desember 2022 Online

Halaman:

Editor: Wulandari Noor

Sumber: kemensos.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x