Daftar Nama Penerima Bansos Kemensos 2023 Online, Cek Status BPNT dan PKH Lewat cekbansos.kemensos.go.id

- 6 Januari 2023, 11:30 WIB
Simak penjelasan tentang cara cek nama penerima dan status dan bansos PKH dan BPNT 2023 di situs Kemensos.
Simak penjelasan tentang cara cek nama penerima dan status dan bansos PKH dan BPNT 2023 di situs Kemensos. /Instagram.com/@kemensosri

PR DEPOK – Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) dan Program Keluarga Harapan (PKH) merupakan dua jenis bansos Kemensos yang kembali digulirkan tahun 2023.

Kedua bansos Kemensos 2023 ini diberikan kepada masyarakat kategori miskin. PKH menyasar ibu hamil, anak usia dini 0-6 tahun, anak sekolah, penyandang disabilitas berat dan lanjut usia (lansia) untuk menjamin kesejahteraan mereka. Sedangkan BPNT untuk memenuhi kebutuhan pokok masyarakat.

Keluarga miskin bisa cek daftar nama penerima bansos Kemensos 2023 secara online di website cekbansos.kemensos.go.id. Nanti pada kolom PKH dan BPNT dapat dilihat status menjadi penerima bantuan tersebut atau tidak.

Namun, sebelum cek daftar nama penerima bansos Kemensos 2023, pastikan sudah mendaftarkan diri dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS). Pasalnya, kedua bansos Kemensos 2023 tersebut diberikan kepada masyarakat yang sudah terdaftar di DTKS.

Baca Juga: Prakiraan Hujan di Wilayah Jabodetabek, Periode 6-11 Januari 2023

Untuk anda yang belum terdaftar di DTKS, ada 2 jenis proses pendaftaran menjadi penerima PKH dan BPNT, yaitu cara online dan offline.

Secara online, anda dapat mengajukan diri sebagai penerima bansos PKH melalui fitur usul pada Aplikasi Cek Bansos. Sedangkan secara offline, dapat mendaftarkan diri langsung ke balai desa/kantor kelurahan atau melalui usulan dari RT/RW ke desa / kelurahan.

Adapun data diri yang wajib dibawa saat pendaftaran DTKS baik online maupun offline adalah Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Keluarga (KK).

Jika sudah mendaftar DTKS, Anda bisa langsung cek daftar nama penerima bansos Kemensos 2023.

Halaman:

Editor: Linda Agnesia


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x