Buruan! Cek Bansos 2023 yang Sudah Cair Lewat Situs Resmi Kemensos, Cuma Butuh HP dan KTP

- 17 Februari 2023, 21:04 WIB
Simak cara cek bansos 2023 yang sudah cair lewat situs resmi Kemensos, hanya gunakan HP dan KTP Anda.
Simak cara cek bansos 2023 yang sudah cair lewat situs resmi Kemensos, hanya gunakan HP dan KTP Anda. /Renny Tania/Portal Purwokerto

PR DEPOK - Informasi mengenai cara cek bansos 2023 yang sudah cair di situs resmi Kemensos, dengan hanya membutuhkan HP dan KTP saja, bisa Anda simak selengkapnya disini.

Mulai awal tahun 2023, pemerintah dan Kementerian Sosial (Kemensos) masih terus menyalurkan beberapa program bantuan sosial seperti tahun lalu.

Program bansos seperti PKH tahap 1, BPNT, hingga PBI JK kabarnya masih berlanjut untuk tahun ini, yang mana telah sukses disalurkan pada tahun 2022.

Bagi masyarakat yang ingin menjadi salah satu penerima bantuan sosial dari Pemerintah, masyarakat sebelumnya harus telah terdaftar atau mendaftarkan data dirinya dalam DTKS Kemensos, sebagai langkah awal verifikasi data dirinya.

Baca Juga: Tanggal Berapa Bansos Kemensos Cair di Jawa Barat? Intip Jadwalnya di cekbansos.kemensos.go.id

Bagi masyarakat yang belum mengetahuinya, bansos seperti PKH tahap 1, BPNT, hingga PBI JK tentunya merupakan bansos yang tidak sama atau berbeda, serta memiliki besaran dana yang berbeda pula.

Bagaimana cara mendapatkan salah satu bantuan sosial (bansos) tersebut? Masyarakat bisa melakukan pendaftaran di sistem DTKS Kemensos untuk langkah awalnya.

Pendaftaran DTKS Kemensos bisa Anda lakukan dengan dua cara, secara online atau secara langsung melalui Dinsos (Dinas Sosial), Kecamatan/Kelurahan, RT/RW sesuai dengan domisili Anda.

Sementara itu, mengenai pendaftaran DTKS Kemensos secara online, masyarakat hanya tinggal mendownload "Aplikasi Cek Bansos" di Google Playstore, lalu isi data diri yang diminta seperti yang terdapat di KTP masing-masing.

Halaman:

Editor: Tesya Imanisa

Sumber: cekbansos.kemensos.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x