PKH 2023 Cair Maret? Simak Informasi Terbaru Jadwal Pencairan dan Daftar Penerima di Sini

- 2 Maret 2023, 13:02 WIB
Ilustrasi PKH 2023
Ilustrasi PKH 2023 /ANTARA/Fikri Yusuf/

PR DEPOK - PKH 2023 masih disalurkan pemerintah pada masyarakat Indonesia yang kurang mampu. Masyarakat hanya perlu mendaftarkan diri ke DTKS dan akan mendapatkan bantuan uang tunai Rp900.000 - Rp3 juta per tahunnya.

Untuk mengetahui informasi, simak artikel ini yang membahas jadwal pencairan dan cara cek daftar penerima bansos PKH 2023.

Masyarakat disarankan untuk login di resmi Kemensos melalui cekbansos.kemensos.go.id agar mengetahui daftar penerima PKH 2023.

Baca Juga: Mudik Gratis 2023: Cara Daftar dan Persyaratan yang Wajib Dipenuhi

Beberapa waktu lalu, pemerintah berencana akan mengurangi bansos PKH 2023 sebanyak 25 persen.

Ini dilakukan untuk lebih ketat lagi proses penyaringan penerima bansos PKH 2023, pemerintah berharap bantuan berupa uang tunai ini sampai pada tepat sasaran.

Masyarakat yang menerima bansos PKH 2023, harus tergolong dari keluarga miskin dan belum pernah mendapatkan bantuan BLT, UMKM, dan lain sebagainya.

Baca Juga: Intip Susunan Pemain Real Madrid, Jelang Laga El Clasico di Semi Final Copa Del Rey

Pemerintah juga menyalurkan bansos ini pada masyarakat yang bukan dari keluarga ASN maupun PNS.

Selain itu, masyarakat yang terdampak dari Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) juga dipastikan pemerintah akan mendapat bantuan PKH 2023.

Akan tetapi, masyarakat tersebut yang termasuk dalam kategori yang ditentukan seperti Ibu Hamil mendapat Rp3 juta per tahun, Lansia mendapat Rp2,4 per tahun.

Baca Juga: Daftar Satwa Liar yang Ada di Indonesia dan Dunia, Beberapa Sudah Terancam Punah

Kemudian, Anak usia 0-6 tahun mendapat Rp3 juta, lalu Penyandang disabilitas mendapatkan Rp2,4 juta per tahun, dan tingkat SD mendapatkan Rp900.000 per tahun.

Terakhir Tingkat SMP Rp1,5 juta per tahun dan tingkat SMA mendapatkan Rp2 juta per tahun.

Bansos ini akan disalurkan setia tiga bulan sekali dalam 4 kali tahapan, pencairan pada bulan Maret termasuk pencairan tahap 1.

Baca Juga: Ramalan Zodiak Aquarius, Pisces, dan Capricorn Besok 3 Maret 2023: Standar Hidup Meningkat, Asmara Harmonis

Sayangnya, sudah memasuki Maret bansos PKH 2023 masih juga belum disalurkan pemerintah pada masyarakat yang sudah terdaftar di DTKS.

Di prediksi bansos PKH 2023 akan cair pada tanggal 1-21 Maret 2023, masyarakat yang sudah menunggu disarankan untuk terus cek website cekbansos.kemensos.go.id.

Caranya dengan masuk ke situs cekbansos.go.id dan akan muncul kolom berwarna biru, masukan alamat lengkap sesuai KTP.

Baca Juga: Syarat Pinjaman KUR BRI 2023, Apakah Dibuka Bulan Maret?

Kemudian, isi nama lengkap dan masukan 8 kode Captcha, jika gagal klik simbol icon untuk mendapatkan kode baru.

Terakhir klik cari data dan tunggu beberapa saat hingga layar menampilkan nama lengkap, status, umur, dan jenis bansos yang dipilih.

Demikian informasi PKH 2023 yang akan segera cair di Maret, bansos akan dicairkan di bank Himbara seperti BTN, BRI, BNI, dan Mandiri. ***

Editor: Nur Annisa


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x