Bansos PKH dan BPNT 2023 Cair Tunai Sekaligus di Maret? Ini Penjelasan Resmi Kemensos

- 3 Maret 2023, 20:57 WIB
Kemensos buka suara soal pencairan bansos PKH dan BPNT 2023 yang dikabarkan tunai sekaligus pada bulan Maret.
Kemensos buka suara soal pencairan bansos PKH dan BPNT 2023 yang dikabarkan tunai sekaligus pada bulan Maret. /ANTARA/Adiwinata Solihin/

PR DEPOK – Apakah benar bansos PKH dan BPNT 2023 cair dalam bentuk uang tunai sekaligus di kantor pos pada bulan Maret ini? Simak penjelasan resmi Kementerian Sosial (Kemensos) dalam artikel ini.

Kemensos secara resmi mengumumkan skema baru penyaluran bansos PKH dan BPNT 2023, yakni melalui Bank Himbara (BRI, BTN, BNI, Mandiri), Bank BSI, dan PT. Pos Indonesia.

Dalam skema ini, baik bansos PKH maupun BPNT 2023 akan disalurkan dalam bentuk uang tunai. Keluarga Penerima Manfaat (KPM) dapat menarik uang tunai bansos PKH dan BPNT 2023 di kantor cabang bank penyalur atau di kantor pos terdekat.

Maka dari itu, bansos BPNT yang biasanya dapat diambil di e-warung sudah tidak berlaku lagi.

Baca Juga: KUR BRI 2023 Dibuka Tanggal Berapa? Ini Bocoran Jadwal dan Syarat Ajukan Pinjaman

“Tidak menggunakan e-warung lagi. Ini menyikapi dari Perpres Nomor 63 tahun 2017 (tentang penyaluran bantuan sosial secara non tunai). Boleh penarikan tunai atau barang. Namun,  kita menyepakati penyalurannya tunai. Pengambilannya bisa lewat ATM atau ke bank langsung,” kata Menteri Sosial Tri Rismaharani seperti dikutip Pikiranrakyat-Depok.com dari situs resmi Kemensos pada Jumat, 3 Maret 2023.

Penyaluran bansos PKH dan BPNT 2023 dalam bentuk tunai bertujuan untuk meningkatkan  keuangan inklusif KPM. Selain itu, memungkinkan KPM mengambil dana bantuan kapan dan dimana saja di ATM  terdekat.

Halaman:

Editor: Linda Agnesia


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x